Iran Kandaskan Mimpi Jepang di Perempat Final Piala Asia 2023

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 3 Februari 2024 21:19 WIB
Iran Kandaskan Mimpi Jepang di Perempat Final Piala Asia 2023 [Foto: Tangkapan Layar]
Iran Kandaskan Mimpi Jepang di Perempat Final Piala Asia 2023 [Foto: Tangkapan Layar]

Jakarta, MI - Timnas Iran sukses melaju ke semifinal usai menang dramatis atas Jepang dengan skor 2-1, di perempat final Piala Asia 2023. Laga Timnas Iran vs Jepang digelar di Education City Stadium, Al Rayyan, Doha, pada Sabtu (3/2) malam. 

Jepang unggul lebih dahulu lewat aksi Hidemasa Morita, pada babak pertama. Tetapi, Iran berhasil comeback di babak kedua. Dua gol tercipta lewat aksi Mohammad Mohebi (55’) dan juga Alireza Jahanbakhsh (90+6’).

Di babak semifinal, Iran masih memanti lawannya. Mereka akan menghadapi pemenang duel Qatar vs Uzbekistan.

Dibabak pertama duel sengit sudah tersaji sejak awal laga. Kedua tim sama-sama langsung tebar ancaman, demi membuka keunggulan lebih dahulu.

Tetapi, usaha demi usaha gagal berbuah manis hingga laga memasuki menit ke-20. Salah satu peluang emas yang gagal dimanfaatkan oleh Iran, terjadi pada menit ke-8.

Pada menit ke-28, Jepang akhirnya memecah kebuntuan. Ialah Hidemasa Morita yang sukses mencetak gol lewat aksi ciamiknya, yang bisa bergerak cepat dan lincah melewati satu per satu pemain Iran. Jepang pun unggul 1-0. 

Di sisa waktu pertandingan, Iran mencoba mencetak gol balasan. Tetapi, tak ada gol yang bisa tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Jepang pun terjaga hingga akhir babak pertama.

Sementara di babak kedua, Iran tampil impresif. Sardar Azmoun hampir membuat Tim Melli menyamakan angka pada menit ke-49. Sayangnya, tendangan penyerang AS Roma itu masih bisa diantisipasi Zion Suzuki.

Tetapi, pada menit ke-55, Iran akhirnya menyamakan kedudukan. Aksi Zion Suzuki yang melakukan salah umpan membuat Iran berhasil menyamakan keadaan.

Iran terus memberikan tekanan, tetapi Jepang mampu menunjukkan pertahan solid. Alhasil, skor masih imbang 1-1. Namun, petaka malah datang ke kubu Jepang jelang akhir laga.

Pada menit ke-90+3, Iran mendapat hadiah penalti usai Ko Itakura melanggar Hossein Kanaanizadegan. Alireza Jahanbakhsh yang maju sebagai eksekutor pun berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, untuk menaklukkan Zion Suzuki.

Iran pun sukses menutup laga dengan kemenangan 2-1 atas Jepang.

Susunan Pemain

Timnas Iran: Alireza Beiranvand; Ramin Rezaeian, Hossein Kanaanizadegan, Shoja Khalilzadeh, Milad Mohammadi, Saman Ghoddos, Saeid Ezatolahi, Alireza Jahanbakhsh, Omid Ebrahimi, Mohammad Mohebi, Sardar Azmoun.

Pelatih: Amir Ghalenoei.

Timnas Jepang: Zion Suzuki; Hiroki Ito, Takehiro Tomiyasu, Ko Itakura, Seiya Maikuma, Hidemasa Morita, Wataru Endo, Takefusa Kubo, Daizen Maeda, Ritsu Doan, Ayase Ueda.

Pelatih: Hajime Moriyasu.