Posting Video Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Pildun U-20, Gibran: Gak Nyindir, Emang Bener

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 31 Maret 2024 20:35 WIB
Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming [Foto: Repro]
Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming [Foto: Repro]

Jakarta, MI - Wakil presiden (Wapres) terpilih, Gibran Rakabuming Raka memposting video kenangan batalnya Indonesia, menjadi tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia (Pildun) U-20 2023. 

Video berdurasi 28 detik itu, dibagikan Gibran di semua platform media sosial (medsos) miliknya. Video itu, menunjukkan sejumlah kliping berita online serta beberapa slide foto, dan potongan video Timnas Indonesia U-20.

“Tahun kemarin kita kehilangan kesempatan. Tapi ini tak akan patahkan semangat kita (emot api) (emot api) (emot api),” tulis Gibran di akun X miliknya, @gibran_tweet.

Postingan itu pun mendapat banyak komentar dari netizen. Tak sedikit yang mengaitkannya dengan perolehan suara capres Ganjar Pranowo, yang jeblok di Pilpres 2024. 

Sebagaimana diketahui, Stadion Manahan di Kota Solo, Jawa Tengah, saat itu memang ditunjuk menjadi salah satu venue digelarnya laga Piala Dunia U-20. Sejumlah persiapan sudah dilakukan, termasuk merenovasi stadion agar memenuhi standar FIFA. 

Namun, akhirnya Piala Dunia U-20 batal digelar di Indonesia lantaran pro kontra mengenai timnas Israel kala itu, termasuk penolakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali, I Wayan Koster sebagai tuan rumah. 

Terkait postingan tersebut, Gibran mengatakan tidak ada maksud apa-apa. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga menegaskan, tidak ada niatan untuk menyindir siapa pun. 

“Lha kan memang bener gagal (jadi tuan rumah Piala Dunia U-20). Tidak (sindiran ke Ganjar), kan itu pesannya kita bangkit,” kata Gibran di Masjid Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Kota Solo, Jawa Tengah, dikutip Minggu (31/3/2024).

Ia menambahkan, bangkit yang dimaksud adalah bangkit dari kegagalan dengan event lain. Ia merujuk kepada kondisi Timnas Indonesia, yang saat ini berjuang di babak kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Timnas kan sudah menunjukkan kehebatan prestasinya (menang lawan Vietnam di babak kualifikasi Piala Dunia 2026,” tandasnya.