7 Negara yang Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 22 April 2024 07:14 WIB
Pemain timnas Indonesia U-23 Witan Sulaeman, berselebrasi seusai mencetak gol dalam kemenangan 4-1 atas Yordania U-23 pada laga terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 Qatar di Stadion Abdullan bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4/2024). (Foto: PSSI)
Pemain timnas Indonesia U-23 Witan Sulaeman, berselebrasi seusai mencetak gol dalam kemenangan 4-1 atas Yordania U-23 pada laga terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 Qatar di Stadion Abdullan bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4/2024). (Foto: PSSI)

Jakarta, MI - Kepastian Indonesia melaju ke babak delapan besar dicapai setelah dalam pertandingan terakhir, Rizky Ridho dan kawan-kawan menggulung Yordania 4-1.

Keempat gol tim Merah Putih dilesakkan Marselino Ferdinan pada menit ke-23 dan 70, Witan Sulaeman (40), dan Komang Teguh (86). Sementara Yordania U-23 membalas melalui gol bunuh diri Justin Hubner pada menit ke-79.

Berlaga di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Minggu (21/4/2024) malam, Indonesia yang sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke delapan besar, tampil mendominasi penuh jalannya laga atas tim asuhan pelatih Abdallah Abu Zema tersebut.

Hasilnya empat gol berhasil dicetak pasukan asuhan Shin Tae-yong ke gawang Yordania, yang dikawal kiper Ahmad Al-Juaid. Indonesia pun memetik kemenangan keduanya di Piala Asia U-23, setelah sebelumnya menundukkan Australia. Dalam pertandingan pertama, Indonesia menyerah 0-2 kepada tuan rumah.

Poin maksimal pada laga kedua tersebut membawa Indonesia menyelesaikan babak penyisihan, sebagai runner-up grup A dengan raihan enam poin. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan hanya berselisih satu poin dari pemimpin klasemen Qatar yang dalam pertandingan lainnya diahan imbang Australia dengan skor 0-0.

Kemenangan kedua tersebut membawa Garuda Muda lolos ke perempat final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya dalam sejarah. Lebih spesial lagi, prestasi ini diraih Indonesia sebagai tim debutan.

Babak gugur Piala Asia, menjadi sejarah baru bagi Indonesia karena Shin Tae-yong juga mengantarkan Timnas Indonesia senior ke babak 16 besar Piala Asia, untuk pertama kalinya.

Indonesia menyusul enam negara lainnya, yang sudah memastikan lolos ke babak perempat final, di antaranya adalah Qatar, Jepang, Korea Selatan, Saudi Arabia, Uzbekistan, dan Vietnam.

Satu slot tersisa saat ini sedang diperebutkan dua tim dari grup C, yaitu Thailand dan Irak. Pada laga pamungkas Senin (22/4/2024) pukul 22.30 WIB nanti. Dalam pertandingan terakhir di grup ini, Irak akan menantang tim yang sudah memastikan diri lolos Arab Saudi. Dalam laga lainnya Thailand bertemu Tajikistan.

Pada babak perempat final, Indonesia akan melawan juara grup B yang sedang diperebutkan Korea Selatan dan Jepang. Dalam babak penyisihan terakhir grup B hari ini mulai 20.00 WIB, Uni Emirat Arab akan bertemu Tiongkok sedangkan Korea Selatan bertemu Jepang. 

Indonesia menunggu di babak perempat final akan digelar Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB mendatang di Stadion Abdullan bin Khalifa, Doha.

7 negara yang lolos perempat final Piala Asia U-23:

Grup A
Qatar, Indonesia

Grup B
Korea Selatan, Jepang

Grup C
Arab Saudi

Grup D
Uzbekistan, Vietnam