Ribuan Penggemar Belanda di Ambon Lakukan Aksi Konvoi

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 3 Juli 2024 07:45 WIB
Penggemar tim sepak bola Belanda di Ambon. (Foto: Antara)
Penggemar tim sepak bola Belanda di Ambon. (Foto: Antara)

Ambon, MI - Ribuan penggemar tim sepak bola Belanda di Kota Ambon Maluku melakukan aksi konvoi atas kemenangan tim berjuluk The Oranye melawan Rumania pada babak gugur 16 besar Euro 2024.

“Konvoi ini sebagai ungkapan euforia kami karena dalam dua pertandingan kemarin tim Belanda belum mampu meraih kemenangan,” ujar salah satu penggemar, Frans Lekatompessy di Ambon, Rabu (3/7/2024).

Konvoi kemenangan tersebut dilakukan tepat seusai pertandingan Belanda kontra Rumania pada babak penyisihan 16 besar piala Eropa berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Belanda.

Mengendarai roda dua maupun roda empat, para penggemar tim sepak bola Belanda melakukan konvoi mengelilingi Kota Ambon, mengenakan atribut bernuansa oranye lengkap dengan bendera Belanda yang dikibarkan. Bahkan sebuah bendera Belanda berukuran 3x4 juga dibentangkan sebagai bentuk kegembiraan para pecinta tim sepak bola Belanda itu.

Euforia para penggemar tim sepak bola Belanda di Ambon bahkan terasa sebelum pertandingan dimulai. Penggemar The Oranye di kota itu menggelar nonton bareng di setiap sudut kota. "Pokoknya kalau Belanda yang bertanding, Ambon tetap ramai," ucap penggemar Belanda lainnya, Jackson Manuputty

Menurutnya tim sepak bola Belanda sendiri memiliki banyak penggemar fanatik di Maluku lantaran banyak orang Maluku yang memiliki kerabat jauh dari negeri kincir angin tersebut.

"Euforia kompetisi sepak bola Eropa maupun piala dunia di Ambon akan sangat terasa ketika Belanda bertanding, apalagi saat ini Belanda memiliki banyak pemain yang juga ada darah Maluku seperti Tijjani Reijjner," tutur Jackson.

Sementara itu pada pertandingan antara Belanda melawan Rumania, The Oranye berhasil melenggang ke delapan besar berkat Cody Gakpo dan Donyell Malen menjadi bintang kemenangan di laga ini.

Gakpo membuka keunggulan di babak pertama lewat gol di menit ke-20. Penyerang Liverpool itu kemudian merancang gol kedua yang dicetak Donyell Malen di menit ke-83. Di penghujung laga, Malen menambah golnya lewat sebuah serangan balik, memastikan keunggulan tiga gol. (AM)