Jesse Marsch: Jangan Biarkan Messi Berkeliaran di Lini Pertahanan Kanada

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 9 Juli 2024 19:50 WIB
Lionel Messi pada laga Copa Amerika 2024. (Foto: Antara)
Lionel Messi pada laga Copa Amerika 2024. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Pelatih Kanada Jesse Marsch mengatakan timnya akan berupaya sekuat tenaga untuk meminimalisir pergerakan Lionel Messi agar tidak "berkeliaran" di wilayah pertahanan timnya pada semifinal Copa Amerika 2024 antara Kanada melawan Argentina di New Jersey, AS pada Rabu (10/7/2024) pagi WIB.

Marsch mengatakan bahwa pertandingan semifinal melawan Argentina merupakan laga terpenting dalam sejarah sepak bola Kanada, sehingga ia meminta timnya untuk mengoptimalkan setiap peluang demi meraih kemenangan.

“Kami punya beberapa hal yang akan kami coba untuk mempersulit Messi. Kami paham bahwa membatasi ruang geraknya adalah hal nomor satu," ujar Marsch sebagaimana diwartakan AFP pada Selasa (9/7/2024).

“Kami tidak mengizinkan dia berlari bebas di lini belakang kami, apalagi berlari di depan kiper kami," ucap pelatih asal Amerika Serikat itu.

Kanada kalah 2-0 dari Argentina pada pertandingan pertama Copa Amerika 2024. Kendati demikian, performa Kanada meningkat pada laga berikutnya dengan mengalahkan Peru 1-0 dan menahan Chile 0-0.

Pasukan Jesse Marsch kemudian mencetak sejarah dengan lolos ke semifinal Copa Amerika seusai menahan imbang Venezuela 1-1 kemudian menang 4-3 melalui babak adu penalti.

"Kami tidak bermain cukup baik saat bertemu Messi di pertandingan terakhir. Dia terlalu banyak berlari bebas ke arah kiper kami," tutur bekas gelandang DC United dan Chicago Fire di era 1990-an itu.

"Untuk besok, kami tidak akan menjaga dia. Tapi dia akan menjadi perhatian kami yang menentukan cara kami bertahan. Semua tentang dia akan menjadi sangat penting," ungkap mantan pelatih Leeds United dan RB Leipzig itu. (AM)