Navas Bakal Pensiun dari Timnas Spanyol Usai Final Euro 2024

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 14 Juli 2024 12:43 WIB
Pemain Spanyol Jesus Navas. (Foto: Antara)
Pemain Spanyol Jesus Navas. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Jesus Navas telah mengumumkan bahwa dia akan pensiun dari Timnas Spanyol setelah laga final Piala Eropa atau Euro 2024 melawan Inggris. Laga final Euro 2024 akan berlangsung di Stadion Olimpiade Berlin pada Senin (5/7/2024).
 
Navas mengumumkan keputusannya tersebut setelah berbicara dengan kapten timnas yaitu Alvaro Morata. "Morata mengatakan kepada saya bahwa inilah waktu yang tepat untuk berbicara karena saya akan memainkan laga terakhir bersama Timnas Spanyol," ujarnya yang dilansir The New York Times pada Minggu (14/7/2024).

Pemain berusia 38 tahun itu mengaku bahwa dirinya harus bermain dengan rasa sakit dalam beberapa tahun terakhir. Maka dari itu, Navas memutuskan untuk pensiun membela Timnas Spanyol usai laga final Euro 2024.
 
"Saya telah mengalami masalah di pinggul saya selama empat atau lima tahun. Saya ingin memberikan segalanya di lapangan. Anda harus mati-matian untuk tim dan negara. Itu adalah hal yang terbaik dan saya bangga melakukan," ucap Navas.
 
Navas sendiri menjadi satu-satunya pemain dari skuad Spanyol yang terakhir kali menjuarai Euro pada 2012. Dia juga menjadi bagian tim yang menjuarai Piala Dunia 2010. Navas melakoni debutnya di Timnas senior Spanyol pada 2009 dan telah mencatatkan 56 caps.
 
Di Euro 2024, Navas bermain sejak menit awal pada pertandingan terakhir grup melawan Albania, menjadi pemain pengganti di babak 16 besar melawan Georgia dan menjadi starter pada semifinal melawan Prancis menggantikan Dani Carvajal yang diskors. Meski telah memutuskan akan pensiun di timnas Spanyol, karier klub Navas akan berlanjut bersama klub LaLiga Sevilla.
 
Dia awalnya mengumumkan akan meninggalkan klub masa kecilnya pada akhir musim lalu, sebelum membatalkan keputusan itu dan setuju untuk bertahan hingga akhir tahun sebelum mengambil peran di balik layar klub. (AM)