MU Resmi Umumkan Kedatangan Joshua Zirkzee dari Bologna

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 15 Juli 2024 1 hari yang lalu
Joshua Zirkzee dari Bologna [Foto: Ist]
Joshua Zirkzee dari Bologna [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Manchester United (MU) telah resmi mengumumkan transfer penyerang asal Belanda Joshua Zirkzee, dari klub Italia Bologna dengan nilai 36,54 juta Poundsterling (sekitar Rp747 miliar).

"Manchester United dengan senang hati dapat mengonfirmasi bahwa Joshua Zirkzee telah bergabung dengan klub," tulis MU di situs resmi mereka, pada Minggu (14/7/2024).

MU juga mengungkapkan bahwa penyerang Timnas Belanda tersebut, telah menandatangani kontrak lima tahun, yang membuat terikat hingga Juni 2029 dengan opsi perpanjangan selama setahun.

Klausul rilis Zirkzee di Bologna sebenarnya hanya 34 juta poundsterling (sekitar Rp659 miliar), tetapi MU menawarkan nilai yang lebih tinggi dengan syarat mencicilnya selama tiga tahun.

Zirkzee menjadi pembelian pertama tim pria MU sejak Sir Jim Ratcliffe mengakusisi 27.7 persen saham klub Inggris tersebut pada Desember tahun lalu.

Penyerang berusia 23 tahun tersebut mengatakan bahwa dia sangat bangga, bisa bergabung klub sebesar Manchester United, dan siap menghadapi tantangan baru.

"Sebuah kehormatan bisa bergabung dengan klub ikonis ini. Saya akan berlibur sejenak sekarang setelah membela tim nasional, tetapi saya akan segera kembali untuk langsung memberikan kontribusi," ujar Zirkzee.

Zirkzee juga mengungkapkan bahwa dia telah berbicara dengan pelatih, dan para petinggi klub sebelum transfer resmi diumumkan.

"Saya sudah berbicara dengan pelatih (Erik Ten Hag) dan para petinggi klub, saya tahu betapa menariknya masa depan di sini dan saya tidak sabar untuk berkontribusi terhadap kesuksesan Manchester United," tuturnya.

Zirkzee musim lalu mencetak 12 gol dalam 37 penampilan untuk Bologna di Serie A. Bologna juga berhasil lolos ke Liga Champions musim depan.

Zirkzee pernah bermain untuk Bayern Muenchen setelah pindah dari Feyenoord pada 2017. Dia kemudian direkrut Bologna lima tahun kemudian setelah menjalani masa pinjaman di Parma dan Anderlecht.

Performanya di Bologna membuat pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman memanggilnya untuk Piala Eropa 2024. Namun, Zirkzee hanya tampil dua kali sebagai pemain pengganti di kompetisi tersebut.

Belanda sendiri gagal melaju ke final setelah dikalahkan oleh Inggris 2-1 di pertandingan semifinal pada Kamis pekan lalu (11/7/2024).