Piala AFF U-19, Indonesia Bobol Gawang Filipina 4-0

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 17 Juli 2024 17 jam yang lalu
Pesepak bola Indonesia U-19 Arlyansyah Abdulmanan melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Filipina di Stadion GBT Surabaya, Rabu (17/7/2024) malam. [Foto: ANTARA]
Pesepak bola Indonesia U-19 Arlyansyah Abdulmanan melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Filipina di Stadion GBT Surabaya, Rabu (17/7/2024) malam. [Foto: ANTARA]

Surabaya, MI - Timnas Indonesia U-19 sementara unggul 4-0 atas lawannya Filipina, dalam laga penyisihan Grup A ASEAN U-19 Boys Championship atau Piala AFF U-19 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Rabu (17/7/2024) malam.
 
Gol Indonesia dicetak oleh Arlyansyah Abdulmanan pada menit ke-12, Iqbal Gwijangge menit ke-22 dan 43 serta Kadek Arel menit ke-29.
 
Pada babak pertama Indonesia langsung tancap gas, menyerang pertahanan Filipina yang dikawal sang kapten Martin Joshua Leonor. Begitu juga Filipina yang mampu melewati garis tengah lapangan, untuk memberi serangan tim Garuda Muda.
 
Anak asuh Indra Sjafri baru bisa membuat gol lewat Arlyansyah Abdulmanan, pada menit ke-12 hasil umpan dari sang kapten Dony Tri Pamungkas, yang gagal diantisipasi oleh penjaga gawang lawan Alonso. Skor sementara berubah menjadi 1-0.
 
Indonesia kembali menggandakan keunggulan lewat sundulan Iqbal Gwijangge pada menit ke-22 setelah umpan Mufli Hidayat tidak terjangkau oleh pemain belakang The Azkals. Skor berubah 2-0 untuk Garuda Muda.
 
Meski sudah menyarangkan dua gol di gawang Filipina, tidak membuat skuad Garuda Muda mengendorkan serangan, terbukti Kaka membuat peluang pada menit ke-25, namun tendangannya masih membentur tiang gawang sebelah kanan penjaga gawang Alonso.
 
Bahkan, bola pantulan dari Kaka sempat mengenai Riski Afrisal namun masih belum tepat sasaran.
 
Indonesia kembali unggul lewat sundulan Kadek Arel pada menit ke-29 hasil umpan pemain bernomor punggung 7 Figo Dennis dari sisi pertahanan kiri Filipina. Skor sementara berubah menjadi 3-0.
 
Indonesia benar-benar mengancam pertahanan The Azkals melalui serangan yang dibangun dari sisi sebelah kanan. Kaka yang mendapat kesempatan bola umpan dari Dony Tri memanfaatkan melalui sundulannya, namun sayang belum bisa membuat gawang Alonso kebobolan lagi.
 
Hanya sesekali anak Asuh Josep Ferre itu melakukan serangan balik, namun masih bisa diatasi oleh Dony Tri Pamungkas dan kawan-kawan.
 
Iqbal Gwijangge kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-43. Setelah sundulan Alfharezzi digagalkan penjaga gawang Filipina dan bola muntahnya disontek oleh Iqbal. Skor sementara berubah menjadi 4-0.
 
Hingga wasit asal Arab Saudi Faisal Sulaiman Albawi meniup peluit tanda turun minum skor tetap 4-0, kemenangan sementara untuk Indonesia.