Van Dijk: Laga Perdana Akan Selalu Sulit

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 16 Juni 2024 18:41 WIB
Kapten Timnas Belanda Virgil van Dijk. (Foto: Antara)
Kapten Timnas Belanda Virgil van Dijk. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Kapten timnas Belanda, Virgil van Dijk mengungkapkan bahwa pertandingan pertama grup dalam sebuah kompetisi besar akan selalu sulit dan membutuhkan kerja keras untuk meraih kemenangan.

Belanda dijadwalkan menghadapi Polandia dalam laga pembuka Grup D Piala Eropa (Euro) 2024 di Volksparkstadion, Hamburg pada Minggu (16/6/2024) malam pukul 20.00 WIB.

"Pertandingan grup pertama di Euro selalu sulit. Kami akan bekerja sangat keras dalam beberapa hari dan minggu mendatang untuk memastikan kami semua siap," ujar Van Dijk kepada laman resmi UEFA.

Menurut bek Liverpool tersebut, memenangkan pertandingan pertama grup adalah salah satu kunci keberhasilan dalam memenangi sebuah turnamen. "Bila Anda memenangi pertandingan pertama, itu adalah langkah besar ke babak berikutnya, tetapi tentu saja kami memiliki pertarungan sesungguhnya di depan," ucapnya.

Di samping mengantisipasi pertandingan melawan Polandia, Van Dijk turut menyebutkan ambisi besar Oranje pada Euro 2024. "Memenangi pertandingan dan melaju sejauh mungkin, itulah yang ada dalam pikiran saya saat ini," katanya.

"Memenangi pertandingan, berjuang sebagai kelompok, sebagai tim, sebagai negara, bersama-sama, saling membangun. Saya sangat menantikannya, pastinya," sambungnya.

Lebih lanjut, Van Dijk mengakui Polandia adalah lawan yang sulit dengan banyak pemain berkualitas. Bek berusia 32 tahun itu memprediksi pertandingan tersebut akan dihadiri oleh banyak suporter Polandia sehingga dia mengharapkan para penggemar Belanda juga tidak mau kalah dalam memberikan dukungan.

"Tim yang sulit, pemain bagus. Saya tahu pasti akan ada banyak fans Polandia di sana yang akan mempersulit kami. Kami sangat membutuhkan fans Belanda untuk pertandingan itu,” ungkapnya.

Setelah menghadapi Polandia, Belanda akan menghadapi tim besar lainnya yaitu Prancis pada Sabtu (22/6) dini hari WIB. (AM)