Cak Imin Minta Pemerintah Jamin Perlindungan Pekerja Migran

  • Whatsapp
Cak Imin Minta Pemerintah Jamin Perlindungan Pekerja MigranPPN Pendidikan Bertentangan Dengan UUD 1945
Wakil Ketua DPR RI (Korkesra), Muhaimin Iskandar.

Monitorindonesia.com – Pemerintah harus memastikan bahwa para pekerja migran Indonesia (PMI) mendapatkan perlindungan optimal. Hal itu dikatakan, menyusul kepulangan 7.300 pekerja ke tanah air.

Pernyataan tersebut, disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/6/2021).

“Saya kira rencana kepulangan 7.300 PMI harus diantisipasi dengan baik. Seluruh anggaran, SDM, ketersediaan APD terkait prokes, pembiayaan bagi mereka yang sakit harus dikonsolidasikan dan dikoordinasikan antar-seluruh stakeholder,” kata Muhaimin.

Ketua Umum DPP PKB itu menyatakan kolaborasi seluruh stakeholder mutlak diperlukan agar penangan terhadap PMI bisa optimal, terutama bagi kelompok rentan, yakni orang tua, perempuan, anak-anak, dan mereka yang sakit.

“7.300 itu jumlah yang sangat banyak. Apapun kondisi mereka, mereka adalah pahlawan-pahlawan devisa. Berikan perlindungan optimal kepada para PMI,” ujar Gus Ami, sapaan akrab Muhaimin Iskandar.

Sesuai rencana, pada bulan Juni dan Juli 2021, sebanyak 7.300 PMI akan pulang ke tanah air, setelah masa kontrak mereka habis.

Lebih lanjut Muhaimin Iskandar menekankan bahwa yang terpenting menghadapi rencana kepulangan PMI tersebut adalah melakukan koordinasi dengn otoritas Malaysia untuk memperoleh data lengkap PMI, termasuk tak kalah pentingnya berkoordinasi dengan Pemda-Pemda daerah asal PMI.

Pos terkait