Begini Cara Kerja Sistem Pertahanan Kubah Besi Israel

  • Whatsapp
Israel-Hamas, AS Jamin Gencatan Senjata Berjalan Baik
Sistem Iron Dome Israel mencegat roket yang diluncurkan dari Gaza [Foto-bbci.co.uk]

Jerusalem, Monitorindonesia.com – Dunia tersentak menyaksikan sistem pertahanan Israel. Bagaimana tidak, lebih dari 2.000 roket telah ditembakkan ke Israel oleh Hamas dan kelompok militan Palestina lainnya dalam lima hari terakhir dan hanya sebagian kecil yang sampai ke wilayah kaum Yahudi tersebut.

Sekitar 90% roket telah dicegat oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome andalannya, menurut militer Israel. Iron Dome dirancang khusus untuk melindungi dari berbagai ancaman jarak pendek yang masuk wilayah Israel.

Bacaan Lainnya

Sistem ini berawal pada perang yang dilakukan Israel dengan gerakan militan Hizbullah Lebanon pada tahun 2006, ketika ribuan roket diluncurkan ke Israel – menyebabkan kerusakan besar, evakuasi massal, dan puluhan kematian. Setelah itu Israel mengatakan perisai pertahanan rudal baru akan dikembangkan.

Iron Drone dibuat oleh perusahaan Israel Rafael Advanced Defense Systems dan Israel Aerospace Industries dengan beberapa dukungan AS. Iron Dome mulai beroperasi pada tahun 2011.

Dianggap sebagai salah satu sistem pertahanan paling canggih di dunia, Iron Dome menggunakan radar untuk mengidentifikasi dan menghancurkan ancaman yang masuk sebelum dapat menyebabkan kerusakan.

Sistem segala cuaca dirancang khusus untuk membantu memerangi senjata rudimenter jarak pendek seperti roket yang ditembakkan dari Gaza.

Begini Cara kerja perisai rudal Iron Dome Israel :

Begini Cara Kerja Sistem Pertahanan Pelindung Kubah Besi Israel
Sumber : Rafael Advanced Defense System

Iron Dome mahal untuk dikembangkan tetapi pabrikan mengatakan itu hemat biaya karena teknologi yang digunakannya untuk membedakan antara rudal yang kemungkinan menghantam area built-up dan yang tidak. Unit statis dan bergerak hanya meluncurkan rudal pencegat untuk menembak jatuh apa pun yang dianggap berbahaya.

Wartawan BBC Ben Brown menjelaskan cara kerja Kubah Besi Israel
Satu dekade sejak Iron Dome beroperasi, Israel sekarang memiliki 10 baterai yang dikerahkan di seluruh negeri, masing-masing dengan tiga hingga empat peluncur yang dapat menembakkan 20 rudal pencegat.

“Jumlah orang Israel yang tewas dan terluka akan jauh lebih tinggi jika bukan karena sistem Kubah Besi, yang telah menjadi penyelamat hidup seperti biasanya,” kata juru bicara militer Israel Letkol Jonathan Conricus pekan ini.

Tetapi beberapa analis mengatakan intensitas serangan baru-baru ini dari Gaza menunjukkan kelompok militan berusaha untuk menguasai Iron Dome – meningkatkan kekhawatiran tentang kemungkinan batasan sistem.[Yohana RJ]

 

Sumber : BBC

#Sistem Pertahanan Israel

Pos terkait