Cegah Penularan Covid-19, Pemprov DKI Perketat Arus Balik Ke Jakarta

  • Whatsapp
Masuk Zona Orange, Warga Ibukota Bakal Shalat Taraweh di Rumah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.[ist]

Monitorindonesia.com – Pemprov DKI Jakarta akan melakukan pengetatan mobilisasi warga yang masuk ke Ibukota paska libur Lebaran. Kebijakan itu guna memutus mata rantai penularan Covid-19.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kasus Covid-19 paska masa liburan, selalu tercatat meningkat. Karena itu pihaknya menyiapkan langkah antisipasi gerakan massa dalam arus Balik.

Bacaan Lainnya

“Kita adakan rapat koordinasi untuk mengantisipasi lonjakan arus balik sesudah musim lebaran. Kita semua menyadari bahwa tiap kali ada pergerakan penduduk yang cukup besar. Maka di pekan-pekan sesudahnya potensi terjadinya kenaikan kasus aktif selalu ada,” kata Anies usai rapat F orum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Anies melanjutkan, pencegahan bisa dilaksanakan secara efektif jika ada mobilisasi warga yang masuk kawasan Jakarta dan berpotensi membawa Covid-19 (orang tanpa gejala).

“Maka kesimpulannya, setiap kendaraan umum, pesawat, kapal laut, serta kereta api memang sudah dilakukan random screening antigen sebelum berangkat,” ujar dia.

Adapun untuk kondisi Pandemi di DKI saat ini, Anies menambahkan, kondisi di Jakarta saat ini secara umum termasuk yang paling rendah kasusnya. Karena jtu Koordinasi harus ditingkatkan sampai pada kecamatan agar bisa mencegah terjadinya lonjakan kasus aktif pascalibur lebaran.

“Kondisi DKI saat ini bisa dilihat dari data di Wisma Atlet saat ini, di mana jumlah kapasitas fasilitas kesehatan yang terpakai sekitar 20 persen, dengan tingkat keterisian isolasi milik Pemprov DKI berada di angka antara 24 hingga 28 persen,” terang dia.

Orang nomor satu di Jakarta tersebut juga mengapresiasi masyarakat Jakarta atas partisipasinya melawan Wabah Covid-19 di Ibukota dengan terus menerapkan protokol kesehatan dan tidak ikut mudik.

“Saya ajak kepada seluruh masyarakat sampaikan apresiasi kepada mereka semua, karena mereka menjadi garda terdepan dalam memastikan keselamatan keamanan kita semua,” pungkas Anies. (Zat)

Pos terkait