Cegah Varian Baru, Warga India Masuk Ke Indonesia Jalani Karantina

  • Whatsapp
dki-lansia-dan-anak-anak-dilarang-keluar-rumah
Wagub DKI Jakarta Ariza. [Ist]

Jakarta, Monitorindonesia.com – Pemprov DKI Jakarta mengakui perlu pengawasan secara ketat terhadap warga negara asing yang masuk ke Indonesia dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Hal itu juga dilakukan pada ratusan warga India yang masuk ke Indonesia yang mana beberapa diantaranya kedapatan terpapar Covid-19.

Menurut Wakil Gubernur (Wagub) DKI, Ahmad Riza Patria, sudah menjadi protap bila ada warga negara asing yang datang ke Indonesia wajib dikarantina. Hal itu sudah jadi peraturan dan kebijakan selama ini.

Bacaan Lainnya

“Itu kan harus masuk karantina dan yang bersangkutan sudah dikarantina,” ujar Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (23/4/2021).

Menurut Riza, perlakuan ketat terhadap warga negara India adalah hal yang wajar dan perlu mengingat kasus harian di India cukup mengkhawatirkan per hari pasien COVID-19 meninggal bisa lebih dari 2000 jiwa.

“Tentu tugas dari kita, dinas kesehatan dan kementerian kesehatan, angkasa pura, perhubungan dll, satgas pusat, untuk memastikan warga negara asing yang masuk ke Indonesia harus melalui prosedur, SOP yang sudah ditetapkan dan juga dikarantina,” paparnya.

Riza melanjutkan, meskipun saat ini angka positif kasus Covid-19 tengah melandai, namun tetap harus waspada. Terutama untuk mencegah adanya varian-varian baru.

“Kita khawatir, dari pihak negara asing India karena memang sedang tinggi-tingginya, yang meninggal per harinya luar biasa. Mudah-mudahan itu tidak terjadi di Indonesia,” tandasnya. (Zat)

Pos terkait