Cegah Warga Nekat Mudik, Pemprov DKI Akan Terapkan Langkah Ini

  • Whatsapp
Cegah Warga Nekat Mudik, Pemprov DKI Akan Terapkan Langkah Ini
Wagub DKI Ariza. [dok MI]

Jakarta, Monitorindonesia.com – Pemprov DKI Jakarta akan menutup sejumlah terminal, memberlakukan SIKM (surat izin keluar masuk), dan melakukan penyekatan di ejumlah titik dan jalur tikus. Hal itu dilakukan menjelang pemberlakuan larangan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Ya itu nanti kita akan atur (penutupan terminal). SIKM kan kita berlakukan tanggal 6 Mei sampai tanggal 17 Mei. Sementara itu pihak Kepolisian, Dishub dan jajaran sudah bekerja sama memastikan menyiapkan penyekatan banyak titik termasuk jalan jalan tikus,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, di Balai kota, Jakarta Pusat, Jumat (23/4/2021).

Menurut Riza, kebijakan itu diambil sebagai antisipasi lonjakan jumlah pemudik yang hendak pergi dalam rentang waktu tersebut. “ Pemprov DKI memang tetap menerapkan aturan larangan mudik, walaupun tentu ada pimpinan kepada daerah atau masyarakat yang tahun ini bisa mudik, namun demikian seperti yang sudah di putuskan oleh pemerintah pusat, pak Presiden memutuskan hal itu (larangan mudik),” ujar Riza.

Meski begitu politisi Gerindra tersebut menambahkan, sebaik apapun regulasi yang diterapkan pemerintah ditambah dengan aparat yang mendukung penerapan di lapangan, tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya dukungan dari masyarakat. “Yang paling penting adalah kesadaran kita sebagai warga, jangan warga patuh taat terhadap rsanksii, aturan hanya karena bnyak aparat dimana-mana, karena sanksi,” terang dia.

Dia juga menghimbau agar masyarakat menahan diri agar tidak nekat mudik pada Lebaran kali ini. Selain ada sanksi yang akan dikenakan bagi yang melangar, masyarakat harus menyadari betul akan bahaya penularan virus Corona pada keluarga yang berada di kampung halaman.

“Masalah lebaran bisa dilakukan secara online, virtual medsos dan lain lain. Tidak mengurangi makna dan arti. Nanti pada waktunya kalau kita sudah bebas dari Covid-19 , nanti kita kembali ke kampung bersama keluarga,” pungkasnya. (Zat)

Pos terkait