China Peringatkan Amerika : Jangan Bermain Api di Taiwan

  • Whatsapp
China Peringatkan Amerika : Jangan Bermain Api di Taiwan
Ilustrasi [sc.cp-MI.edt]

Monitorindonesia.com – China kembaii memperingatkan Amerika Serikat (AS) untuk untuk berhenti bermain-main dengan api atas Taiwan.

Hal itu disampaikan pemerintah China setelah AS mengeluarkan pedoman baru yang memungkinkan pejabat AS lebih leluasa bertemu dengan pejabat Taiwan.

Bacaan Lainnya

“Jangan bermain-main api dengan masalah Taiwan, segera menghentikan segala bentuk kontak resmi AS-Taiwan, selesaikan masalah dengan hati-hati dan tepat, dan tidak mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan kemerdekaan Taiwan agar tidak mempengaruhi dan merusak hubungan Tiongkok-AS” tegas juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, sebagaimana diwartakan Reuters, Selasa (13/4/2021).

Dalam tanggapan tertulis kepada Reuters, Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa pemerintah memiliki tekad mutlak untuk melindungi kedaulatan negara.

“Jangan berdiri di sisi berlawanan dari 1,4 miliar orang China,” kata Zhao Lijian.

Pada Senin (12/4/2021), Taiwan menginformasikan 25 pesawat angkatan udara China termasuk pesawat tempur dan pembom berkemampuan nuklir memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

Taiwan adalah masalah teritorial dan diplomatik paling sensitif di Tiongkok, dan sumber reguler perselisihan Tiongkok-AS. China tidak pernah menolak penggunaan kekuatan untuk membawa pulau yang diperintah secara demokratis di bawah kendalinya.

Pos terkait