Cinta Mega: Pemprov DKI Harus Konsisten Jika Izinkan Tempat Hiburan Dibuka

  • Whatsapp
Cinta Mega: Pemprov DKI Harus Konsisten Jika Izinkan Tempat Hiburan Dibuka

Monitorindonesia.com – Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta meminta Pemprov DKI tegas dan konsisten dalam pengawasan dan penindakan apabila memberikan izin tempat hiburan dibuka kembali.

“Ya kalau nantinya dibuka, Pemprov DKI harus konsisten dalam hal pengawasan tempat hiburan terutama terkait penerapan protokol kesehatan. Karena Prokes ditujukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19,” kata Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Cinta Mega, di Jakarta, Rabu (2/5/2021).

Bacaan Lainnya

Selain itu Cinta melanjutkan, Pemprov DKI harus tegas kepada pengusaha yang melanggar Prokes. Dalam hal penindakan, imbuh Cinta, tidak ada istilah pandang bulu, jika satu ditutup maka harus ditutup semua.

“Menyikapi hal ini (tempat hiburan), Pemprov DKI harus seimbang lantaran saat ini masih dalam situasi Pandemi. Kalau dibuka, ya harus dengan pengawasan ketat untuk langkah antisipasi penyebaran Covid-19. Jadi kalau mau dibuka, ya dibuka semua jangan satu dibuka yang lain ditutup. Kalau ditutup, tutup semua sampai tempat wisata seperti Ancol, Ragunan dan lainnya,” beber Cinta.

Meski demikian Anggota komisi C itu menyarankan, sebaiknya Pemprov DKI membuka tempat hiburan di Ibukota. Alasannya, pajak dari sektor hiburan menjadi salah satu penyumbang terbesar bagi pendapatan asli daerah (PAD).

“Selama ini pajak dari sektor hiburan cukup besar. Jadi kalau bisa dibuka saja, tapi ya itu tadi harus dengan Prokes ketat. Pengunjung wajib bermasker, juga harus dilakukan pembatasan setengah dari kapasitas ruangan saja,” tukasnya.

Adapun dengan dibukanya tempat hiburan, Cinta menambahkan, akan berdampak positif bagi para karyawannya dan orang-orang yang berkecimpung di dunia hiburan.

“Sudah selama satu tahun tempat hiburan ditutup, di situ kan banyak pekerja, karyawan dan orang-orabg yang terlibat di dalamnya. Mereka mengandalkan pekerjaan dari tempat hiburan. Otomatis pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari jadi berkurang. Jadi dibuka saja supaya mereka kembali bekerja,” tandasnya.

Sebelumnya Pemerintah DKI membri sinyal Dibukanya kembali tempat hiburan malam. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Parekraf, Gumilar Ekalaya menegaskan ada catatan khusus bagi tempat hiburan jika diizinkan beroperasi lagi ialah dengan protokol kesehatan secara ketat.

Menurut Gumilar, pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara ketat terhadap tempat-tempat hiburan sebelum diizinkan beroperasi. Termasuk kepada tempat hiburan yang sudah mengajukan permohonan pembukaan. (Zat)

Pos terkait