Covid-19 Kembali Mengamuk di India, Angka Kematian Harian Catat Rekor 4.329

  • Whatsapp
Hari Ini, India Catat Kematian Akibat Covid 3.890 Orang
Sejumlah negara bagian di India akan di lock down.[Times of India]

Monitorindonesia.com – Kasus virus Corona di India kembali melonjak hingga melewati angka 25 juta akibat 263.533 infeksi baru selama 24 jam terakhir, Sedangkan angka kematian akibat Covid-19 naik dengan rekor 4.329.

Dengan angka itu, India menjadi negara kedua di dunia setelah Amerika Serikat yang melewati tonggak sejarah yang suram. Jumlah kasus Covid-19 di negara itu saat ini mencapai 25,23 juta.

Bacaan Lainnya

Sedangkan jumlah kematian mencapai 278.719, menurut data kementerian kesehatan seperti dikutip Aljazeera.com, Selasa (18/5/2021).

Jumlah resmi kasus harian mulai menurun minggu lalu, dengan infeksi baru pada Senin mencapai 281.386. Angka itu menunjukkan untuk pertama kalinya kasus turun di bawah 300.000 sejak 21 April.

Akan tetapi, dengan penurunan infeksi selama beberapa hari terakhir, para ahli mengatakan tidak ada kepastian kalau infeksi telah mencapai titik puncaknya. Pasalnya, ada kekhawatiran yang berkembang di dalam dan luar negeri atas varian B.1.617 baru yang lebih menular.

“Masih banyak bagian negara yang belum mengalami titik puncak, angkanya masih naik,” kata kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia Soumya Swaminathan seperti dikutip di surat kabar The Hindu.

Swaminathan menunjuk pada tingkat paparan wabah secara nasional yang sangat tinggi dari sekitar 20 persen dari tes yang dilakukan. Artinya ada tanda bahwa mungkin ada kondisi yang lebih buruk yang akan datang.

“Pengujian masih tidak memadai di banyak negara bagian. Dan ketika Anda melihat tingkat positif tes yang tinggi, jelas kami belum melakukan pengujian secara memadai,” katanya.

“Jadi bilangan absolut sebenarnya tidak berarti apa-apa jika diambil sendiri.
Artinya angka itu harus dicatat dalam konteks seberapa banyak pengujian dilakukan dan menguji tingkat kepositifan,” katanya.[Yohana RJ]

#India

Pos terkait