Covid-19, Malaysia “Lockdown” Nasional

  • Whatsapp
Covid-19, Malaysia "Lockdown" Nasional
Kuala Lumpur Malaysia.[Net]

Monitorindonesia.com – Otoritas Malaysia mengumumkan lockdown nasional akibat penyebaran dan peningkatan kasus virus Corona yang semakin gawat di Malaysia.

Dilansir AFP, otoritas Malaysia menyebut peningkatan pesat kasus Corona terjadi setelah masa liburan Idul Fitri. Terbaru, terdapat 8.290 kasus Corona baru di Malaysia pada Jumat (28/5/2021).

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengumumkan seluruh negara akan ‘dikunci total’. Hal ini termasuk penghentian total seluruh sektor sosial dan ekonomi.

Namun, bisnis yang dianggap penting dapat terus beroperasi. Lockdown nasional akan dilakukan hingga 14 Juni 2021.

“Keberadaan varian (Corona) agresif baru dengan tingkat infeksi yang lebih tinggi dan lebih cepat telah mempengaruhi keputusan ini,” kata Muhyiddin.

“Dengan peningkatan kasus harian … kapasitas di rumah sakit di seluruh negeri untuk merawat pasien Covid-19 menjadi lebih terbatas,” terangnya.

Sejak pandemi Covid-19, negara dengan populasi 32 juta penduduk itu mencatat kasus positif Corona sebesar 549.514. Jumlah kematian akibat Corona mencapai 2.552 kasus.

Jumlah pasien yang dirawat secara intensif di Malaysia juga meningkat pesat. Malaysia telah mencetak rekor jumlah kasus harian baru tertinggi tujuh kali dalam 10 hari terakhir, dengan jumlah harian di atas angka 6.000 kasus sejak 19 Mei.

Merespons peningkatan kasus corona Malaysia beberapa waktu belakangan, Sultan Negara Bagian Johor, Sultan Ibrahim Iskandar, juga meminta pemerintah Malaysia mempertimbangkan kebijakan ‘full lockdown’.[Yohana RJ]

Pos terkait