Ketua MPR Minta BMKG Terus Update Perkembangan Cuaca

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 3 Januari 2024 14:12 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Foto: Ist)
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, meminta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk terus memantau dan mengupdate prakiraan cuaca kepada masyarakat, pasalnya pada hari ini, Rabu (3/1), hampir semua wilayah Jobodetabek dan beberapa kota lainnya mengalami hujan dan awan tebal.

"Sehingga masyarakat dapat lebih dini memperoleh informasi terkini terkait potensi kebencanaan, termasuk yang berhubungan dengan mitigasi juga penanganan bencana," kata Bamsoet sapaan akrabnya kepada wartawan, Rabu (3/1).

Bamsoet juga meminta pemerintah daerah agar dapat menjadikan informasi prakiraan cuaca BMKG tersebut, sebagai acuan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Untuk itu kata Bamsoet, menyusun rencana Aksi Dini (early action) dalam rangka mengantisipasi sekaligus meminimalisir sangat diperlukan untuk menekan dampak yang dapat ditimbulkan oleh bencana hidrometeorologi.

"MPR meminta Pemerintah daerah untuk memberikan imbauan hingga peringatan kepada masyarakat agar mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi selama musim hujan seperti banjir dan longsor," ujarnya. 

 

"Terutama di wilayah yang mengalami Sifat Musim Hujan Atas Normal (lebih basah dibanding biasanya). Mengingat wilayah-wilayah tersebut diprediksi lebih tinggi mengalami risiko bencana banjir dan tanah longsor," tambahnya. 

Selain itu, ia juga meminta komitmen BNPB dan BPBD untuk selalu siap siaga dengan mengoptimalkan kinerjanya dalam menghadapi situasi dan kondisi bencana hidrometeorologi yang belakangan sering terjadi di sejumlah wilayah. 

"Sehingga dampak buruk seperti kerusakan hingga jatuhnya korban dapat lebih diminimalisir," jelasnya. (DI)