11 Debt Collector Pengeroyok Seorang Anggota TNI, Akhirnya Ditangkap Polisi

  • Whatsapp
Debt Collector pengeroyok Anggota TNI
Ini 11 debt collector pengroyok anggota TNI yang viral.

Monitorindonesia.com–Buntut viral video di media sosial (medsos) yang memperlihatkan salah satu anggota TNI dikeroyok oleh warga, diketahui tiga orang yang melakukan penyerangan terhadap anggota TNI tersebut adalah debt collector yang berusaha merebut mobil yang di kendarai anggota TNI, di gerbang Tol Koja Barat, Jakarta Utara, Sabtu 8 Mei 2021 kemarin, Polisi akhirnya menangkap 11 debt collector tersebut.

Wakapolres Metro Jakarta Utara AKBP Nasriadi saat dikonfirmasi, Senin (10/5/2021) mengatakan, kesebelas debt collector yang ditangkap yakni bernama Yosep A.K Meka, Jhon Adri Kadarisman, Hanoch Hannes Latuheru, Hendry E Leatomu, Piter Abarua, Gerio Lewerissa, Gerry Yansen Tahitu, Joefare Thenu, Alfian Manuputty, Donny Sapulette, dan Hervy R Leatomu.

Bacaan Lainnya

“Enam orang yang ditangkap wajahnya terekam dalam video yang viral. Sisanya tidak terlihat dalam video yang viral, namun ikut dalam kegiatan penarikan mobil,” katanya seraya menambahkan bahwa kelompok debt collector ini dipimpin oleh Hendry E Leatomu yang mendapat kuasa dari PT Anugrah Cipta Kurnia Jaya, dimana perusahaan tersebut diberikan kuasa oleh Clipan Finance.

Nasriadi menerangkan, alasan aksi pengepungan yang dilakukan para debt collector itu lantaran mereka akan menarik mobil yang menunggak kredit leasing Clipan selama 8 bulan.

“Salah satu pelaku bernama Hendry E Leatomu merupakan karyawan PT Anugrah Cipta Kurnia Jaya yang diberi kuasa oleh Clipan Finance untuk menarik mobil tersebut,” bebernya.

Masih menurut Narsiadi, Hendry meminta bantuan 10 rekannya yakni bernama Yosep AK Meka, Jhon Adri Kadarisman, Hanoch Hannes Latuheru, Hendry E. Leatomu, Piter Abarua, Gerio Lewerissa, Gerry Yansen Tahitu, Joefare Thenu, Alfian Manuputty, Donny Sapulette.

Dari hasil penangkapan tersebut, polisi mengamankan sejumlah barang bukti dari penangkapan tersebut di antaranya rekaman video yang viral, serta Surat kuasa penarikan mobil dari Clipan Finance kepada PT Anugrah Cipta Kurnia Jaya.

“Para pelaku terancam hukuman penjara selama 9 tahun. Pasal 335 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 1 tahun, Pasal 53 Jo 365 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun,” kata Nasriadi.

Adapun pasal 365 yang menjerat para tersangka berbunyi sebagai berikut: Pasal 365 KUHP (1) Diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun pencurian yang didahului, disertai atau diikuti dengan kekerasan atau ancaman kekerasan, terhadap orang dengan maksud untuk mempersiapkan atau mempermudah pencurian, atau dalam hal tertangkap tangan, untuk memungkinkan melarikan diri sendiri atau peserta lainnya, atau untuk tetap menguasai barang yang dicuri.

Sekadar informasi, video viral di media sosial yang memperlihatkan sebuah mobil yang dikendarai prajurit TNI diberhentikan segerombol orang tak dikenal yang disebut-sebut debt collector di kawasan Jakarta Utara. Aksi para pemuda itu pun diabadikan oleh penumpang di dalam mobil. Rekaman berdurasi 1 menit itu pun viral di media sosial.

Padahal, pria berseragam TNI berusaha memberikan penjelasan. Dia mengatakan, sedang mengantarkan penumpang ke rumah sakit spesialis jantung. (Ery)

#Debt Collector Keroyok  Anggota TNI

Pos terkait