Dewan HAM : Serangan Israel di Gaza Mengarah terhadap Tindakan Kriminal Perang

  • Whatsapp
Dewan HAM : Serangan Israel di Gaza Mengarah terhadap Tindakan Kriminal Perang

Monitorindonesia.com – Komisi Tinggi HAM PBB, Michelle Bachelet mengatakan Kamis (27/05/2021) bahwa serangan udara Israel di Gaza bisa menjadi tindakan kriminal perang, Dementara menekankan pada serangan roket yang dilakukan oleh Hamas yang juga melanggar hukum internasional.

Bachelet juga menandai selama sesi khusus dewan HAM PBB yang diminta oleh organisasi konferensi muslim (kelompok negara-negara muslim) meminta melakukan penyelidikan internasional terkait HAM di Israel, Gaza dan West Bank.

Melalui komentarnya yang disampaikan secara khusus dari kantornya di Geneva, Bachelet membahas konflik selama 11 hari yang berujung dengan gencatan senjata minggu lalu. Dia mengatakan bahwa konflik dimulai, Hamas dan kelompok bersenjata lainnya meluncurkan serangan roket terhadap Israel.

Karena serangan itu tidak pandang bulu dan tidak membedakan antara anggota militer dan masyarakat sipil, sehingga serangan tersebut menjadi pelanggaran hukum HAM internasional.

Tetapi dia mengatakan Israel juga membalas dengan serangan udara yang intens dari pesawat tempur dan menembaki dari lautan yang mengakibatkan kematian dan korban terluka masyarakat sipil dengan jumlah yang tinggi. Dia mengatakan targetnya termasuk bangunan pemerintah, rumah penduduk, oraganisasi kemanusiaan internasional, fasilitas medis dan kantor media berita.

Bachelet mengatakan ketika Israel bersikeras bangunan-bangungan yang dimaksud ditempati oleh para kelompok bersenjata dan belum terbukti. “Jika ditemukan bahwa serangan tersebut bersifat tidak pandang bulu dan tidak sepadan, serangan tersebut juga merupakan tindakan kriminal perang.” Dia mengatakan.

Pada waktu yang bersamaan, duta Israel di AS, Geneva Meirav Eilon Shahar mencela Hamas sebagai pelaku kelompok para jihad dan genosida, terosis, dan menuduh memperalat warga sipil Palestina sebagai tameng untuk menyembunyikan serangan roket mereka. Dia mengatakan bahwa setiap serangan roket yang ditembakkan ke Israel merupakan tindakan kriminal perang.

Israel tela menuduh dewan HAM PBB telah berprasangka buruk terhadap negara Yahudi.
Bachelet mengatakan bahwa dewannya telah memverifikasi jumlah kematian warga Palestina di Gaza 270 Orang, di kawasan West Bank dan Jerusalem Timur termasuk 68 orang anak selama perang bulan ini. Kebanyakan tewas di Gaza yang dipimpin oleh Hamas. Serangan roket Hamas telah menewaskan setidaknya 10 orang Israel.

PBB juga telah meluncurkan bantuan Kamis (27/05/2021) sebesar USD 95 juta untuk membantu jutaan warga Palestina khususnya di Gaza dalam waktu tiga bulan ke depan.
Koordinator PBB untuk kemanusiaan dan tempat tinggal untuk di daerah territorial Palestina Lynn Hastings mengatakan kepada pemburu berita bahwa kerusakan infrastruktur sipil cukup besar termasuk 58 bangunan sekolah, enam rumah sakit, dan 285 bangunan tempat tinggal warga dan tempat komersil.

Ada juga peningkatan kebutuhan untuk dukungan psikologis sosial dana bantuan lainnya.
Sekretaris negara AS Antony Blinken minggu ini menyelesaikan kunjungannya di negara timur tengah yang bertujuan untuk mendorong gencatan senjata dan menjanjikan bantuan kepada warga Palestina.[Yohana RJ]

 

Sumber : VOA

 

Sumber : VOA News

Pos terkait