Dirjen Dukcapil Tegaskan Tak Ada Kolom Transgender di e-KTP

  • Whatsapp
Dirjen Dukcapil Tegaskan Tak Ada Kolom Transgender di e-KTP
KTP Elektronik [Illustrsi]

Jakarta, Monitorindonesia.com – Direktur Jenderal Kependudukan dan Catat Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemedagri) Zudan Arif Fakrulloh menegaskan, tidak ada kolom jenis kelamin bertuliskan transgender di e-KTP.

“Kalau dia laki-laki, ya, dicatat sebagai laki-laki, kalau dia perempuan juga dicatat sebagai perempuan,” ujar Zudan dalam keterangannya, Minggu (25/4/2021).

Menurutnya, jenis kelamin sicatat sesuai jenis kelamin yang aslinya. Kecuali bagi mereka yang sudah ditetapkan oleh pengadilan untuk adanya perubahan jenis kelamin.

Zudan menjelaskan, transgender yang merekam data e-KTP dan KK akan tetap tercatat menggunakan nama aslinya. Baik jenis kelamin dan nama, hanya dapat diubah melalui proses persidangan.

Dalam kasus yang berbeda, perubahan jenis kelamin seperti yang terjadi dengan Serda TNI AD Aprilio Perkasa Manganang. Dukcapil akan proaktif membantu dan memudahkan pembuatan e-KTP transgender sesuai UU Nomor 24 Tahun 2013 juncto UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Adminduk.

Zudan sebelumnya mengatakan, pihaknya berkomitmen membantu memudahkan para transgender untuk mendapatkan dokumen kependudukan. Terutama KTP elektronik (e-KTP), kartu keluarga dan akta kelahiran.

Dia menegaskan setiap penduduk Warga Negara Indonesia berhak atas semua pelayanan publik dasar tanpa diskriminasi. Hal ini juga berlaku bagi kaum transgender yang kerap dipandang sebagai warga marginal dan terpinggirkan dari pergaulan masyarakat.[man]

 

Pos terkait