Dishub DKI Bilang SIKM Bisa Diurus Di Kelurahan Untuk Perjalanan 6-17 Mei

  • Whatsapp
Pemprov DKI Sediakan TransJakarta Gratis
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.[Drajat/MI]

Monitorindonesia.com – Pemerintah menerapkan kebijakan larangan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah. Bagi warga yang ingin melakukan perjalanan di masa tersebut, Pemprov DKI Jakarta memberlakukan SIKM (surat izin keluar masuk).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, bagi warga yang ingin pergi keluar kota di masa larangan mudik, wajib memiliki SIKM. Warga bisa mendapatkan SIKM dengan mengurus di kelurahan.

Bacaan Lainnya

“Untuk mendapatkan SIKM bisa diurus di kelurahan. Dimulai untuk keperluan perjalanan tanggal 6-17 Mei,” kata Syafrin kepada wartawan di Balaikota, Selasa (27/4/2021).

Adapun dalam melaksanakan pembatasan perjalanan dalam negeri, Syafrin menambahkan, Pemprov DKI mengikuti sejumlah aturan dari pemerintah seperti A dendum SE 13/2021 dari kasatgas covid-19. “Demikian pula halnya dalam pelaksanaan larangan mudik tanggal 6-17 Mei 2021. Kami berpedoman penuh pada SE 13/2021 dan juga Permenhub 13/2021,” terang dia.

Seperti dikutip dari SE Satgas Covid-19 No.13 Tahun 2021, berikut cara mendapatkan SIKM pafa periode mudik Lebaran 2021:

1. Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN/BUMD, prajurit TNI, dan anggota Polri

Cara SIKM Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN/BUMD, prajurit TNI, dan anggota Polri yakni dengan meminta surat izin tertulis dari pejabat setingkat Eselon II yang dilengkapi tandatangan basah/elektronik pejabat dan identitas diri calon pelaku perjalanan.
2. Pegawai swasta

Cara mendapatkan SIKM bagi pegawai swasta yakni dengan meminta izin tertulis dari pimpinan perusahaan yang dilengkapi tandatangan basah/elektronik pimpinan perusahaan serta identitas diri calon pelaku perjalanan.

3. Pekerja sektor informal

Cara mendapatkan SIKM bagi pekerja sektor informal yakni dengan memita surat izin tertulis dari Kepala Desa/Lurah yang dilengkapi tandatangan basah/elektronik Kepala Desa/Lurah dan identitas diri calon pelaku perjalanan.

4. Masyarakat non-pekerja

Cara mendapatkan SIKM bagi masyarakat umum nonpekerja yakni dengan meminta surat izin tertulis dari Kepala Desa/ Lurah yang dilengkapi tandatangan basah/elektronik Kepala Desa/Lurah dan identitas diri calon pelaku perjalanan.

Ketentuan berlakunya SIKM
Surat izin perjalanan/SIKM ketentuan berlaku sebagai berikut:
– Berlaku secara individual
– Berlaku untuk satu kali perjalanan pergi-pulang lintas kota/kabupaten/provinsi/negara.
– Bersifat wajib bagi pelaku perjalanan orang dewasa yang berusia 17 tahun ke atas. (Zat)

Pos terkait