DKI Punya Stadion Velodrom Buat Sepeda Balap, Begini Tanggapan Dishub

  • Whatsapp
DKI Punya Stadion Velodrom Buat Sepeda Balap, Begini Tanggapan Dishub

Monitorindonesia.com – Pemprov DKI Jakarta menyediakan lintasan khusus road bike atau sepeda balap di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang.

Namun kebijakan itu menuai protes dari warga net. Sebab Pemerintah DKI sudah memiliki stadion Velodrom di Rawa Mangun, Jakarta Timur yang dikhususkan bagi sepeda balap atau road bike.

Bacaan Lainnya

Terkait hal itu Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pemilihan lintasan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang dan lintasan Sudirman-Thamrim untuk jalur lintasan Sepeda road bike lantaran merupakan jalan yang secara jaringan sudah terintegrasi.

“Pemilihan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang dan lintasan Sudirman-Thamrin bagi pesepeda Road Bike, lantaran lokasi itu sudah terintegrasi secara jaringannya. Oleh sebab itu pengguna Pesepeda roadbike yang berada di jalan non JLNT bisa langsung diarahkan untuk menggunakan jalur lintasan road bike di Sudirman-Thamrin,” ujar Syafrin di Jakarta, Minggu (6/6/2021).

Meski demikian, kata Syafrin, belum bisa memastikan jalur sepeda road bike di Sudirman-Thamrim yang akan dibuat itu seperti apa. “Saat ini masih menunggu regulasi soal teknis yang akan diterapkan di lapangan, termasuk soal jalurnya yang akan digunakan,” kata dia.

Sementara untuk jalur sepeda road bike di JLNT, Syafrin menegaskan, tidak diizinkan bagi pesepeda selain road bike. Disebutkan Syafrin hal itu demi keselamatan mengingatroad bike memiliki kecepatan yang berbeda dengan sepeda non-road bike.

“Jadi kenapa di jalur ini untuk road bike, kita pahami bahwa di tengah-tengah animo masyarakat dalam bersepeda ada pemisahan kecepatan. Jadi kecepatan road bike rata-rata 40 km/jam, sementara untuk non-road bike itu 20-25 km/jam,” ungkapnya.

Diketahui, selain JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang, Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan jalur road bike di Jalan Sudirman-Thamrin yang terpisah dengan jalur permanen sepeda yang sudah ada. (Zat)

Pos terkait