DKI Terbitkan Sistem PBB-P2 Elektronik

  • Whatsapp
DKI Terbitkan Sistem PBB-P2 Elektronik

Monitorindonesia.com – Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI memberikan kemudahan bagi wajib pajak di Ibukota dalam pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Mulai tahun ini, wajib pajak dalam penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB-P2 bisa dilakukan secara elektronik Atau e-SPPT PBB-P2.

Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati menyatakan ada perubahan dengan kehadiran e-SPPT PBB-P2. Lantaran tahun sebelumnya, penyampaian SPPT PBB-P2 masih dilakukan secara manual dalam bentuk cetakan kertas melalui kantor Kelurahan dan RT/RW setempat.

“Wajib pajak untuk bisa mendaftarkan e-SPPT PBB-P2 atau SPPT PBB-P2 bisa disampaikan secara elektronik. Program ini diharapkan bisa memberi kemudahan kepada para wajib pajak dalam mengakses dokumen pajak,” kata Sri Haryati melalui keterangan tertulis, Kamis (3/6/2021).

Penerapan e-SPPT PBB-P2 itu Sri mengungkapkan, bisa sebagai langkah awal implementasi digitalisasi pajak daerah.

“Program ini sekaligus bisa menjadi langkah awal yang strategis untuk melaksanakan digitalisasi Pajak Daerah,” lanjut dia.

Kebijakan penyampaian SPPT PBB-P2 secara elektronik tersebut kata Sri Haryati, sebagai implementasi dari Peraturan Gubernur Nomor 23 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 27 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Ketetapan Pajak Daerah, Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran dan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Yang Pajaknya Ditetapkan oleh Gubernur.

“Pemprov DKI senantiasa mengimbau kepada wajib pajak untuk mendaftarkan e-SPPT PBB-P2,” tutup dia. (Zat)

Pos terkait