PPDB 2021, Domisili Calon Peserta Didik Sesuai KK

  • Whatsapp
PPDB 2021, Domisili Calon Peserta Didik Sesuai KK
Ilustrasi PPDB

Monitorindonesia.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan, penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021 akan berbeda dari tahun sebelumnya. PPDB 2021 berdasarkan alamat pada Kartu Keluarga (KK) setidaknya selama 1 tahun.

Sebagaimana diketahui, pada PPDB 2020, mengatur bahwa calon peserta didik dapat menggunakan Surat Keterangan Domisili untuk dokumen pendaftaran. Proses penerimaan tahun 2020 menemui banyak kendala.

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Paud Dikdasmen) Kemendikbud Jumeri dalam rapat kerja Komisi X DPR RI Kamis (18/03/2021).

Jumeri mengatakan, domisili calon peserta didik dalam PPDB 2021 akan berdasarkan alamat pada Kartu Keluarga (KK).
Artinya, ketentuan PPDB 2020 mengenai KK yang diganti dengan Surat Keterangan Domisili (SKD) tidak berlaku lagi.

Ia menambahkan, domisili calon peserta didik dapat menggunakan KK yang diterbitkan paling singkat 1 tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB. Kemudian, jika KK tidak dimiliki oleh calon peserta didik karena keadaan tertentu, maka dapat diganti dengan Surat Keterangan Domisili.

“Jika tidak punya KK ada pengecualian bisa pakai SKD. Tapi itu untuk yang terkena keadaan tertentu misalnya bencana alam atau bencana sosial,” katanya.[odr]

 

Pos terkait