DPR: Jangan Pecat Penyidik Terbaik KPK

  • Whatsapp
DPR: Jangan Pecat Penyidik Terbaik KPK
Gedung KPK Jakarta.[dok]

Monitorindonesia.com – Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh menilai pegawai KPK yang berintegritas dan memiliki reputasi baik, namun tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) tak boleh diberhentikan.

“Saya berharap agar para pegawai KPK yang tidak lulus dan memiliki integritas dan reputasi cukup baik dan menonjol dalam pemberantasan korupsi, tidak diberhentikan namun dapat dipertimbangkan dan diprioritaskan untuk menjadi tenaga PPPK,” kata Pangeran Khairul Saleh, di Jakarta, Rabu (12/5/2021).

Bacaan Lainnya

Langkah itu, menurut dia, agar pegawai KPK yang memiliki reputasi baik tersebut dapat meneruskan pengabdiannya dan membantu KPK untuk memberantas korupsi di Indonesia.

Selain itu, dia menjelaskan proses beralihnya status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) telah diatur dalam UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK dan dijabarkan dalam PP Nomor 41 Tahun 2020.

Menurut dia, konsekuensi dari aturan tersebut adalah para pegawai KPK akan melalui berbagai tes sebelum menjadi ASN, salah satunya tes wawasan kebangsaan.

“TWK tersebut meliputi integritas dalam berbangsa dan bernegara serta kesetiaan terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan netralitas dan anti-radikalisme,” katanya.

Sebagaimana diketahui, 75 penyidik senior diminta pimpinan KPK untuk menyerahkan tugas dan tanggungjawabnya kepada atasannya. Hal itu pasca tes wawasan kebangsaan ala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang tak meloloskan penyidik tersebut.

Dalam revisi UU KPK, disebut pegawai KPK akan berubah status menjadi Aparatur Sipil Negara. Namun, dalam perjalanannya para penyidik KPK yang getol memberantas korupsi dikalahkan BKN dengan tes kebangsaannya.[Lin]

#DPR
#Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh

Pos terkait