DPR Minta Anies Baswedan Serius Tanggulangi Banjir Jakarta

  • Whatsapp
DPR Minta Anies Baswedan Serius Tanggulangi Banjir Jakarta

Jakarta, Monitorindonesia.com – Kalangan DPR meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serius dalam menjalankan tugasnya dalam menangani dampak banjir di ibukota. Dengan peringatakan awal Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) seharusnya membat Pemprov DKI lebih awal mengatasi dampak banjir.

“Sudah sejak tahun lalu loh peringatannya dari BKMG harusnya pemerintah daerah ini semuanya harus mempersiapkan diri melakukan normalisasi sungai,” ujar anggota Komisi V DPR RI Sadarestuwati di Jakarta, Minggu (21/2/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Sadarestuwati, banyaknya titik banjir di sejumlah wilayah perlu menjadi catatan bagi gubernur DKI Anies Baswedan.
Dia juga menyinggung pentingnya untuk merawat lokasi-lokasi penampungan air seperti Waduk Cincin, di Jakarta Utara.

Danau buatan tersebut secara umum punya fungsi dan manfaat yang strategis. Selain tempat menampung air, juga bisa dikembangkan untuk area wisata dan olahraga.

“Ini memang menuntut adanya inovasi dari pemerintah daerah setempat. Ini waduk kan untuk menampung air, atau salah satu usaha agar tidak terjadi banjir. Berbagai macam lah bisa dimanfaatkan di sini. Seharusnya Pemerintah Daerah melakukan bagaimana supaya masyarakat memelihara lingkungan, mengoptimalkan potensi yang ada,” katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto menyebut terdapat 5 korban jiwa akibat banjir yang melanda Jakarta pada Sabtu (20/02/2021). Dilaporkan 4 korban banjir adalah anak-anak.

“Korban merupakan lansia 67 tahun berjenis kelamin laki-laki yang terkunci di dalam rumah, di Jatipadang, Jakarta Selatan. Selain itu 4 anak-anak, terdiri dari 3 anak laki- laki di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat,” ujar Sabdo dalam keterangan terulisnya di Jakarta, Minggu (21/02/2021).

Sabdo mengatakan, anak yang meninggal itu meninggal akibat hanyut terseret arus banjir saat sedang bermain. “Dan 1 anak perempuan usia 7 tahun yang tenggelam di Jakarta Barat,” terang Sabdo.[man]

Pos terkait