DPR Minta Pemerintah Berikan Beasiswa hingga Sarjana bagi Anak-anak Korban KRI Nanggala-402

  • Whatsapp
KRI Nanggala 402 Sudah Terangkat
Foto KRI Nanggala 402 yang diambil MV Swift Rescue Singapura dengan menurunkan ROV dan melakukan citra bawah air secara visual menggunakan kamera.[Ist]
Monitorindonesia.com – Anggota Komisi I DPR RI Hasbi Anshory meminta pemerintah mengaudit sistem perawatan, perbaikan dan pemeriksaan atau “maintenance, repair, overhaul” (MRO) yang melakukan perbaikan kapal selam KRI Nanggala 402. Selain itu, anak-anak korban kapal selam juga harus diberikan beasiswa oleh pemerintah setidaknya sampai lulus sarjana.

“Saya mendorong Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kementerian Pertahanan (Kemhan), dan TNI mengaudit terhadap sistem MRO yang memperbaiki kapal selam Nanggala-402,” kata Hasbi dalam keterangannya Senin (26/4/2021).

Dia menilai evaluasi tersebut sangat penting untuk membangun strategi, kebijakan, dan penegakan hukum yang lebih baik. Langkah itu menurut dia agar kejadian yang menimpa KRI Nanggala-402 mendapatkan perhatian penuh dan tidak terulang lagi di masa depan.

Bacaan Lainnya

“Evaluasi ini penting untuk membangun strategi, kebijakan dan penegakan hukum yang lebih baik,” ujarnya.

Hasbi juga mendorong semua pihak untuk melakukan pemutakhiran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) semua matra khususnya TNI AL pada TA 2021/ 2022.

Selain itu menurut dia pemenuhan Kekuatan Pokok Minimum atau “Minimum Essential Forces” (MEF) untuk pertahanan dan keamanan Indonesia dalam 5-10 tahun ke depan.

“Pemerintah juga perlu segera meningkatkan kesejehteraan prajurit dan keluarga, minimal untuk bisa kebutuhan hidup lebih layak,” katanya.

Selain itu, dia meminta pemerintah memberikan beasiswa bagi anak-anak dari para prajurit kapal selam tersebut hingga lulus Strata 1. Politisi Partai NasDem itu juga menyarankan agar diberikan santunan bagi istri prajurit yang gugur dan kenaikan pangkat otomatis satu level.

“Saya juga meminta pemerintah segera menetapkan hari duka nasional untul menghormati para pejuang KRI Nanggala-402,” tandasnya.[ant]

Pos terkait