DPRD DKI Dorong Pemprov Berlakukan Ganjil-Genap Di Ibukota

  • Whatsapp
DPRD DKI Dorong Pemprov Berlakukan Ganjil-Genap Di Ibukota

Monitorindonesia.com – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik mendorong Pemprov DKI memberlakukan kembali aturan pengaturan lalu lintas ganjil genap. Aturan itu sudah waktu diterapkan lantaran situasi Ibukota mulai diwarnai kemacetan meskipun saat ini tengah dilakukan pembatasan akibat Pandemi.

“Kalau saya mengapresiasi segala upaya yang berhubungan dengan penanggulangan kemacetan. Ganjil genap ini sudah untuk menanggulangi kemacetan. Tidak apa apa,” kata Taufik, di Jakarta, Jumat (4/5/2021).

Bacaan Lainnya

Taufik menyarankan selain aturan ganjil genap diberlakukan, penerapan ganjil genap juga perlu diperluas wilayahnya. Lantaran, arus kendaraan terlihat mulai normal kembali.

Disebutkan Taufik, hal itu diakibatkan masyarakat mulai abai terhadap situasi wabah Pandemi Covid-19. “Padahal kan masih Pandemi, kan anda lihat saat sekarang seperti tidak ada pandemi. Macet jadi. Malah kayak normal. Makanya untuk setiap upaya penanggulangan kemacetan ya saya mengapresiasi. Silakan lakukan,” tuturnya.

Taufik menambahkankan, sudah saatnya pemerintah DKI dan kepolisian memikirkan cara menangani kemacetan. Dari sisi urgensi, imbuh Taufik, perlu ada kordinasi antar pihak terkait guna menetapkan kebijakan berkaitan dengan cara mengatasi kemacetan.

“Menurut saya penting ya. Penting, bukan tinggi, untuk sebagai salah satu instrumen penanggulangan kemacetan, di saat kapan pun,” tandasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah DKI dan kepolisian berencana penerapan kembali sistem ganjil genap bagi kendaraan di Jakarta. Aturan ganjil genap diketahui ditiadakan karena adanya pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSSB) pada April 2020.

Kemudian, ganjil genap kembali diberlakukan mulai 3 Agustus 2020 dan ditiadakan lagi sejak 14 September 2020 sampai sekarang. (Zat)

Pos terkait