Duh, BNPB Masih Nunggak 140 Miliar untuk Hotel Isoma

  • Whatsapp
Duh, BNPB Masih Nunggak 140 Miliar untuk Hotel Isoma

Monitorindonesia.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) didesak segera melunasi hutang sebesar Rp 140 miliar kepada hotel di Ibukota yang dijadikan tempat isolasi mandiri atau isoma pasien Covid-19 tanpa gejala.

Ketua BPD Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta Sutrisno Iwantono mengatakan, hotel atau penginapan menjadi salah satu sektor yang ikut terdampak akibat Pandemi. Oleh sebab itu, pembayaran dari pemerintah mengingat masa Pandemi belum berakhir.

“PHRI menunggu itu (pelunasan). Jika itu ditahan lama-lama, makin lengkap lah penderitaan itu,” kata Sutriano di Jakarta, Jumat (11/6/2021).

Diketahui BNPB akan menghentikan pembiayaan hotel untuk isolasi mandiri pasien COVID-19 tanpa gejala dan penginapan bagi tenaga kesehatan.

BNPB hanya membantu Pemprov DKI soal pembiayaan tempat isolasi mandiri hingga 15 Juni 2021 mendatang. Namun, ternyata hal itu masih menyisakan utang, bahkan BNPB sendiri mengungkapkan jika pemerintah memiliki hutang sebesar Rp 140 miliar kepada hotel di ibu kota.

Sutrisno mengaku jika kondisi keuangan hotel mulai mengalami cash flow imbas dari pembatasan kegiatan masyarakat guna mencegah penularan Covid-19. Hal itu diperberat dengan penundaan pembayaran oleh pemerintah.

“Ya kalau itu dibayar kan (untung), karena ini terlambat dibayar, jadi kita mohon,” pungkasnya. (Zat)

Pos terkait