Harga Pangan Rawan Inflasi

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 25 Oktober 2023 12:20 WIB
Ilustrasi Inflasi (Foto: Reuters)
Ilustrasi Inflasi (Foto: Reuters)

Jakarta, MI - Pemerintah mengawasi harga beberapa komoditas yang rentan terhadap inflasi, menurut Febrio Kacaribu, kepala kebijakan fiskal Kememterian Keuangan, sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan belanja untuk ketahanan pangan dan stabilisasi harga.

Febrio mengatakan bahwa harga beberapa komoditas dipengaruhi oleh kondisi dalam negeri dan global, dan karena harga beras menjadi masalah global, antisipasi harus dilakukan.

Harga bawang dan cabe deflasi tapi harga beras inflasi, jadi memang ada harga-harga sprsifik yang harus ditangani pemerintah," kata Febrio kepada Wartawan, dalam acara BNI Investor Daily Summit 2023 di Jakarta, Selasa ( 24/10).

Musim kering yang panjang telah menyebabkan sejumlah negara seperti India, Banglades, dan Rusia mulai membatasi ekspor beras mereka. Namun, Indonesia terus mengimpor beras untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

Menurut data yang dikumpulkan oleh Badan Pusat Statistik, kenaikan harga beras dan bensin merupakan penyumbang inflasi terbesar, dengan kenaikan laju inflasi bulan September 2023 yang tercatat 0,19 persen secara bulanan. (Ran)