Kuota Pertalite Tinggal 23 Persen

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 4 November 2023 19:27 WIB
Antrian Pertalite (Foto : Shutterstock)
Antrian Pertalite (Foto : Shutterstock)

Jakarta, MI - Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), tingkat konsumen BBM Pertalite telah mencapai 24,87 juta kl, atau sekitar 76,38 persen dari kuota yang ditetapkan sebesar 32,56 juta kl pada tahun 2023. Dengan ini kuota BBM Pertalite hanya tersisa 23,62 persen.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwa dia telah meminta PT Pertamina (Persero) untuk mengoptimalkan distribusi Pertalite, Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP), hingga akhir tahun sesuai dengan jumlah kuota yang telah ditetapkan.

"Intinya kita minta Pertamina mengoptimalkan pendistribusian sesuai alokasi dan menjaga suplai untuk konsumen tidak kurang sampai dengan akhir tahun," kata Arifin kepada Wartawan di Kementerian ESDM, Jumat (3/11).

Arifin pun menanggapi sejumlah badan usaha di Indonesia yang menurunkan harga BBM nonsubsidi per 1 November 2023 lalu. Ia menjelaskan bahwa penurunan harga BBM nonsubsidi tersebut karena mengikuti harga minyak internasional.

"Jadi BBM nonsubsidi itu bebas (sesuai pasar), mengikuti indeks harga minyak internasional. Minyak kan sempat 92 dolar AS, 96 dolar AS juga kan pernah ya, sekarang balik lagi 86 dolar AS, jadi fluktuasi,” pungkasnya. (Ran)