Bank Mandiri Mau Tebar Dividen

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 27 November 2023 15:53 WIB
Kasir Bank Mandiri (Foto: Reuters)
Kasir Bank Mandiri (Foto: Reuters)

Jakarta, MI - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah berkomitmen untuk membagikan kembali sebagian besar keuntungan kepada pemegang saham. Perseroan masih mempertahankan dividen payout ratio (DPR) sebesar 60% untuk tahun buku 2023.

Direktur Keuangan & Strategi Bank Mandiri Sigit Prastowo menyampaikan penentuan dividen ini mempertimbangkan kondisi permodalan perseroan yang sehat dan optimal untuk mendukung pertumbuhan bisnis secara jangka panjang.

Sebelumnya, Perseroan telah melakukan analisis secara internal. "Berdasarkan analisis tersebut, Bank Mandiri masih dapat mempertahankan dividen payout di level 60 persen dengan tetap menjaga permodalan yang optimal untuk mendukung pertumbuhan bisnis," kata Sigit saat konferensi pers Pubex Live 2023, Senin (27/11).

Bank Mandiri telah membagikan dividen dengan rasio pembayaran dividen sebesar 60% selama empat tahun terakhir. Pada tahun buku 2022, perusahaan membagikan dividen kepada pemegang saham sebesar Rp 24,7 triliun.

Diden yield yang dibayarkan oleh perusahaan mencapai 5,3 persen. Selain itu, saham perusahaan menghasilkan capital gain sebesar 41,3% pada tahun 2022. Dengan demikian, total keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham mencapai 46,6% pada tahun 2022.

"Kami akan terus mempertahankan konsistensi Bank Mandiri Group agar Terus dapat meningkatkan nilai kepada seluruh pemegang saham," pungkasnya. (Ran)