Pemangkasan Produksi OPEC Tak Pengaruhi Harga Minyak

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 5 Desember 2023 09:50 WIB
Kilang minyak Petroleos de Venezuela SA (PDVSA) Amuay (Foto: Bloomberg)
Kilang minyak Petroleos de Venezuela SA (PDVSA) Amuay (Foto: Bloomberg)

Jakarta, MI - Harga minyak dunia tak beranjak naik sekalipun OPEC+telah memutuskan untuk memangkas produksi minyak mentah baru baru ini. Harga minyak dunia mengalami penurunan pada Jumat (1/12).

Menurut laporan Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari 2024 turun sebesar US$1,89 atau sekitar 2,49 persen, mencapai angka US$74,07 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari 2024 turun US$1,98 atau sekitar 2,45 persen, mencapai US$78,88 per barel di London ICE Futures Exchange.

Dalam kurun waktu seminggu terakhir, harga minyak WTI dan Brent masing-masing mengalami penurunan sebesar 1,9 persen dan 2,1 persen. Padahal OPEC+ telah memutuskan untuk mengurangi produksi sebesar 2,2 juta barel per hari pada kuartal pertama tahun depan.

Dari jumlah tersebut, terdapat pemangkasan produksi sukarela sebesar 1,3 juta barel per hari yang dilakukan oleh Arab Saudi dan Rusia.

Arab Saudi, Rusia, dan anggota OPEC+ lainnya, yang memproduksi lebih dari 40% minyak dunia, menyetujui pengurangan produksi sukarela mendekati 2 juta barel per hari (bph) pada kuartal pertama tahun 2024.

Setidaknya 1,3 juta barel per hari dari pemotongan tersebut merupakan perpanjangan dari pembatasan sukarela yang sudah dilakukan Arab Saudi dan Rusia. Sebelumnya, para delegasi mengatakan pengurangan tambahan baru yang sedang dibahas adalah sebesar 2 juta barel per hari. (Ran)