PLN Perbesar PLTS Cirata

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 7 Desember 2023 09:13 WIB
PLTS Cirata (Foto: PLN)
PLTS Cirata (Foto: PLN)

Jakarta, MI - PJSC-Masdar, perusahaan energi masa depan Abu Dhabi, terus bekerja sama dengan PLN untuk mengembangkan PLTS terapung dan sumber hidrogen hijau di Indonesia.

Chief Executive Officer Masdar, Mohamed Jameel Al Ramahi mengatakan, kerja sama ini menambah kapasitas PLTS Terapung Cirata dari 145 MW ke 192 MW. Proyek Cirata memperlihatkan bagaimana inovasi dapat berperan untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat dan mengurangi emisi.

"Melalui kerja sama yang lebih dalam dengan PLN, kami akan terus memelopori inovasi di bidang tenaga surya, hidrogen hijau, dan area kunci lainnya untuk mendukung transisi energi di kawasan ini," kata Mohamed Jameel Al Ramahi, Senin (4/12).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan penambahan PLTS Terapung didukung oleh potensi surya di Indonesia yang besar dan luasan permukaan danau di Indonesia yang bisa digunakan untuk mengakselerasi EBT.

"Pengembangan PLTS terapung ini menjadi revolusi pengembangan energi baru terbarukan dalam negeri dan kami berharap proyek ini mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam pengembangan bisnis EBT di Indonesia," ujar Darmawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/12).

Darmawan menjelaskan pihaknya telah melakukan studi kelayakan, pengurusan perizinan hingga pembangunan PLTS terapung telah dinyatakan sebagai Proyek Strategis Nasional.

Sebelumnya, pada bulan September, Masdar dan PLN juga menandatangani perjanjian untuk mengembangkan Fase II dari PLTS Cirata, meningkatkan kapasitas hingga 500MW. Ini adalah hasil dari perubahan peraturan baru yang dibuat oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia, yang sekarang memungkinkan penggunaan energi terbarukan hingga 20 persen cakupan air. (Ran)

 

Topik:

pln plts-cirata