Kepala Daerah Saja Belum Tentu Bisa Ubah Desa Jadi Kota, Apalagi Bangun 40 Kota Bertaraf Jakarta!

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 25 Desember 2023 19:07 WIB
Muhamin Iskandar alias Cak Imin, cawapres nomor urut 1 (Foto: Dok MI)
Muhamin Iskandar alias Cak Imin, cawapres nomor urut 1 (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menilai isu pembangunan 40 kota bertaraf Jakarta tidaklah logis. Pasalnya, kata dia, kepala daerah saja yang menjabat 10 tahun belum tentu bisa bangun desa menjadi kota.

Maka dari itu, Rahmad menegaskan bahwa  warga Kalimantan mendukung penuh pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

"Saya sebagai kepala daerah berani mengatakan, kalau membangun 40 kota setaraf Jakarta itu tidak logis. Kepala daerah saja, selama 10 tahun, belum tentu bisa mengubah desa menjadi kota,” ujar Rahmad, Senin (25/12).

Rahmad lantas menyinggung ancaman yang muncul dari tidak meratanya ekonomi. Semisal keinginan untuk memisahkan diri dari Indonesia, seperti yang pernah terjadi di Aceh dan Papua. Menurutnta, ide-ide separatisme kerap muncul karena pemerintah pusat terlalu mengeksploitasi kekayaan daerah, tanpa memperhatikan prinsip-prinsip keadilan.

Masyarakat Kalimantan Timur, ungkap Rahmad, tidak iri dengan pusat. Buktinya, kata dia, hampir Rp 600 triliun dalam APBN itu berasal dari bumi Kalimantan Timur. 

"Tapi, tidak ada warga kami yang memberontak. Maksud saya, pemerataan merupakan cara untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045 melalui pembangunan yang tidak hanya terpusat di Jawa dan menjaga kesatuan bangsa,” cetus politikus parta Golongan Karya (Golkar) itu.

Rahmad menambahkan bahwa, faktor sosiologis yang menjelaskan dukungan warga Kalimantan terhadap pemindahan ibu kota. Salah satunya, fakta sejarah bahwa Kalimantan pernah menjadi pusat Nusantara, sebelum Negara Kesatuan Republik Indonesia berdiri.

“Kerajaan tertua di Nusantara adalah Kutai, ada di Kalimantan. Kerajaan yang mengenal agama pertama, dan salah satunya Islam yang terbesar, ada di Kalimantan".

"Inilah yang menjadikan warga Kalimantan yakin, bahwa sudah ada tanda-tanda kalau pemindahan ibu kota bisa mengembalikan kejayaan peradaban kita,” imbuh Rahmad.

Sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar menjelaskan, rencana membangun 40 kota di Indonesia setara Jakarta.

Jika terpilih, ia mengatakan, pemerintah akan memberikan insentif kepada kota-kota kecil yang ada saat ini agar bisa maju layaknya Jakarta. 

Cak Imin menilai anggaran pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang jumlahnya sekitar Rp 400 triliun bisa memberikan dampak pembangunan lebih merata jika dibagikan ke 40 kota kecil yang sudah terbentuk.

Cak Imin Bakal Bangun 40 Kota Selevel Jakarta, Mahfud Terkaget-kaget! Baca dihalaman berikutnya...........