Lonjakan Harga Ayam Potong dan Cabai Jelang Lebaran Hingga Rp70 Ribu Satu Ekor

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 9 April 2024 15:08 WIB
Suasana pedagang ayam potong di pasar tradisional Makassar. (Foto: ANTARA)
Suasana pedagang ayam potong di pasar tradisional Makassar. (Foto: ANTARA)

Makassar, MI - Harga ayam potong yang dijual di pasar tradisional Makassar melonjak hingga Rp70 ribu per ekor dari harga sebelumnya Rp55 ribu - Rp60 ribu per ekor. "Ini karena pasokan cenderung tetap sementara permintaan melonjak, sehingga stok yang diperoleh dari distributor naik," kata salah seorang pedagang, Jumariah di Pasar Terong, Makassar, Selasa (8/4/2024).

Ia mengatakan, kenaikan harga ayam potong itu juga diikuti kenaikan harga daging sapi lokal yang sebelumnya dijual Rp120 ribu per kilogram, kini dijual Rp125 per kg.

Kondisi itu dipicu karena harga daging sapi yang diperoleh dari Rumah Potong Hewan (RPH) Tamangapa, Antang juga mengalami kenaikan, sehingga pedagang pengecer di pasar terpaksa menyesuaikan harga. Hal itu diakui pedagang daging, H usman di Pasar Pa'baeng-Baeng, Makasssar.

Ia mengatakan, sudah menjadi hukum ekonomi saat permintaan banyak maka harga barang akan naik. Begitu pula dengan kebutuhan daging sapi yang saat ini meningkat jelang lebaran. Menurut dia, kebutuhan daging sapi dan ayam saat ini relatif tinggi, sehingga harga di lapangan menjadi melonjak.

Menanggapi hal itu, Plt Dirut PD Pasar Makassar Raya Syamsul Bahri mengatakan, fluktuasi harga kebutuhan konsumsi rumah tangga cenderung naik jelang lebaran, namun itu tidak berlangsung lama.

Alasannya, karena pasokan Sembako di lapangan selalu terpantau dan umumnya relatif mencukupi kebutuhan sehari-hari. Hanya momen tertentu saja seperti Hari Raya Keagamaan yang selalu naik. (AM)