Keberadaannya Bikin Resah, Sudah Saatnya Jukir Minimarket Ditangkap "Aparat jangan hanya pencitraan saja"

Tim Redaksi
Tim Redaksi
Diperbarui 3 Mei 2024 20:59 WIB
Indomart dan Alfamart (Foto: Dok MI/Ist)
Indomart dan Alfamart (Foto: Dok MI/Ist)

Jakarta, MI - Keberadaan juru parkir (Jukir) liar di minimarket belakangan menjadi polemik. Tak jarang, mereka bikin resah masyarakat lantaran mematok harga tentu kepada pelanggan minimarket yang datang menggunakan kendaraan pribadi.

Padahal, sudah ada tulisan Bebas Parkir, namun tiba-tiba ada jukir yang menarik uang parkir. Meskipun Rp 2.000 kadang pelanggan enggan ke Alfamart tersebut.

"Seharusnya pihak kepolisian dan Satpol PP harus lebih serius menertibkan parkir liar yang ada di minimarket seperti Indomaret dan Alfa atau tempat umum lainnya. Jangan hanya pencitraan saja, ditindak hari ini, besok ada lagi, ada lagi,"  tegas pengamat kebijakan publik Fernando Emas kepada Monitorindonesia.com, Jum'at (3/5/2024) malam.

"Apalagi beberapa kejadian keributan antara tukang parkir dengan pemilik kendaraan dan belakangan ada terjadi keributan antara tukang parkir dengan pihak minimarket," tambahnya.

Menurut praktisi hukum ini, pembiaran yang dilalukan oleh pemerintah daerah dan kepolisian membuat semakin banyak parkir liar di minimarket atau tempat umum lainnya.

"Sepertinya pembiaran parkir liar oleh pemerintah daerah karena tidak mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi rakyatnya".

"Kalau memang pemerintah daerah tidak mampu menertibkan parkir liar di wilayahnya, sebaiknya pihak minimarket atau pengusaha lainnya sebaiknya menghentikan pembayaran retribusi parkir ke pemerintah daerah," tandasnya.

Sementara itu, Corporate Communication Alfamart, M Faruq Asrori mengatakan, bahwa parkir di seluruh gerai Alfamart gratis. "Secara Nasional sudah diintruksikan manajemen semuanya bebas parkir," ujarnya, Rabu (24/4/2024).

Untuk itu, seluruh pelanggan seharusnya tidak perlu membayar parkir, sebab setiap cabang Alfamart sudah membayar retribusi parkir ke pemerintah daerah dan di bayarkan setiap bulan sekali.

Faruq juga memberi saran kepada pelanggan Alfamart yang tiba tiba di tarik parkir, mereka tidak wajib membayar, sebab pembiayaan parkir sudah di bayar Alfamart melalui retribusi parkir.

"Kalau di Alfamart gak bayar gak papa karena kita sudah bayar ke Pemda itu yang paling utama. Yang kedua, sudah ada tulisan Bebas Parkir. Harusnya yang menertibkan pemerintah daerah mas, bukan kami," tukasnya.