Komisi VII Dorong Sektor Migas Percepat Transisi Energi

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 21 Juni 2024 15:34 WIB
Wakil Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno (Foto: Ist)
Wakil Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Wakil Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno, menegaskan bahwa pihaknya bakal terus mendorong sektor Migas Indonesia untuk melakukan akselerasi transisi energi menuju energi terbarukan dan meningkatkan produksi minyak bumi. 

Hal itu disampaikan Edy, usai sektor Migas Indonesia mengalami tren penurunan produksi hingga 200 ribu barel dalam kurun waktu 5-6 tahun terakhir.

"Saya tegaskan bahwa di saat yang sama kita jangan kendor mengakselerasi transisi energi kita untuk meningkatkan bauran energi terbarukan," kata Eddy kepada wartawan, Jumat (21/6/2024).

Kata Edy, diperlukan percepatan menuju energi terbarukan guna mengurangi impor negara yang selama ini membebani keuangan negara. 

"Percepatan harus dilakukan agar kita bisa mengurangi impor energi yang selama ini menguras devisa negara," ucapnya.

Sebab itu, ia meminta Pertamina segera melakukan transisi energi fosil ke energi baru terbarukan, mengganti bahan bakar fosil yang produksinya semakin menurun.

"Kami minta Pertamina dan PLN sebagai pelaku usaha paling dominan di sektor itu bisa meningkatkan kinerja untuk mencapai percepatan pertumbuhan energi yang lebih terbarukan," terang Eddy.