PUPR Sebut Pembangunan Taman Kusuma Bangsa di IKN Telan Biaya Rp335,2 Miliar

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 17 Agustus 2024 9 jam yang lalu
Taman Kusuma Bangsa di IKN (Foto: Antara)
Taman Kusuma Bangsa di IKN (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengungkapkan Taman Kusuma Bangsa yang terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dibangun dengan biaya sebesar Rp335,2 miliar. 

"Taman Kusuma Bangsa terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara yang kini menjadi spot selfie masyarakat yang berkunjung ke IKN," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Sabtu (17/8/2024).

Kata Basuki, Taman Kusuma Bangsa juga menjadi venue pelaksanaan Renungan Suci dan penghormatan kepada para pahlawan bangsa pada 16 Agustus 2024.

Taman Kusuma Bangsa dirancang oleh I Nyoman Nuarta, sebelumnya dikenal sebagai kawasan Memorial Park, letaknya satu garis dengan Sumbu Kebangsaan, Istana Negara dan Istana Garuda.

Patung Sayap Garuda setinggi 17 meter dan tiang bendera setinggi 79 meter pada Taman Kusuma Bangsa menggambarkan perjuangan panjang kemerdekaan bangsa Indonesia, yang diwujudkan melalui patung Proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta. 

Adapun pembangunan Taman Kusuma Bangsa dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR sejak Januari 2024 dan rampung pada Agustus 2024 dengan biaya Rp335,2 miliar.

Kawasan Taman Kusuma Bangsa memiliki luas 1.915 m2 yang terdiri dari area plaza, Sayap Pelindung Nusantara, patung Soekarno-Hatta, Api Abadi, dan lansekap.

Taman ini juga dilengkapi dengan tiang bendera setinggi 79 meter yang telah mencetak rekor MURI sebagai tiang bendera tertinggi di Indonesia.

Berita Terkait