Eks Mensos Jadi Saksi Kasus Bansos

  • Whatsapp
Eks Mensos Jadi Saksi Kasus Bansos

Monitorindonesia.com – Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara akan dihadirkan menjadi saksi dalam kasus korupsi bantuan sosial bansos Covid-19. Dia akan bersaksi dalam sidang dua pengusaha Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja yang didakwa menyuap dirinya untuk mendapatkan kuota pengadaan bansos. Sidang akan digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin, 22 Maret 2021.

“Rencana sidang bansos Senin, 22 Maret 2021, saksi yang dipanggil Juliari Peter Batubara,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (22/03/21).

Selain Juliari, jaksa KPK juga akan memanggil ajudan Menteri Sosial (Mensos), Eko Budi Santoso dan pejabat pembuat komitmen di Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos.

Dalam perkara ini, KPK mendakwa Harry dan Ardian menyuap Juliari supaya dipilih menjadi penyedia paket bansos Covid-19. Harry didakwa menyuap sebanyak Rp 1,28 miliar dan mendapatkan jatah 1,5 juta paket bansos. Sementara Ardian didakwa mendapatkan Rp 115 ribu paket bansos.

Dalam dakwaan, KPK juga menyebut Juliari Batubara memerintahkan bawahannya menarik komitmen fee sebanyak Rp 10 ribu per paket bansos. Selain komitmen fee, Juliari juga diduga meminta bawahannya menarik duit operasional dari pengusaha yang mendapatkan jatah . (Fanal Sagala)

Pos terkait