Equador Selenggarakan Pemilihan Presiden Babak Kedua

  • Whatsapp
Equador Selenggarakan Pemilihan Presiden Babak Kedua
Capres Equador Guilermo Lasso,(65 tahun) dalam kampanye beberapa waktu lalu.[Reuters]

Monitorindonesia.com – Warga Equador sedang melakukan pengumpulan suara dalam pemilihan putaran kedua antara calon presiden sayap kanan dan sayap kiri untuk menggantikan Presiden Lenin Moreno yang tidak ikut dalam pemilihan ulang pada hari Minggu (11/04/2021). Pengumpulan suara menunjukkan terdapat dua kubu yang bersaing ketat.

Ahli Ekonomi Andres Arauz (36 tahun) dari koalisi Kumpulan Harapan (Union of Hope) dan merupakan anak buah dari Mantan Presiden Rafael Correa memimpin suara terbanyak sekitar 33% pada pemilihan Februari lalu.

Bacaan Lainnya

Mantan bankir Guilermo Lasso,(65 tahun) seorang politisi konservatif dan tiga kali mencalonkan diri sebagai presiden, dua sebelumnya dikalahkan suara terbanyak oleh Correa pada tahun 2013 dan Moreno pada tahun 2017, pada pemungutan suara pertama tahun ini terkumpul sekitar 20% suara.

Arauz telah berjanji akan memberikan USD 1,000 kepada satu juta keluarga apabila dia terpilih. Dia juga menawarkan untuk menyediakan fasilitas kepada muda – mudi seperti layanan internet gratis.

Sementara itu Lasso telah mencoba menampilkan sosok moderat dengan menjanjikan untuk mengatasi diskriminasi dengan latar belakang orientasi seks dan meningkatkan perlindungan terhadap hak hewan.

Kedua calon telah meminta para pendukungnya untuk tidak melakukan tindakan kecurangan selama pemilihan berlangsung. Dewan pemilihan Equador diharapkan untuk mengumumkan hasil pemilihan pada Minggu malam (11/04/2021) dan presiden baru memulai masa jabatannya dari 24 Mei 2021.[Yohana RJ]

 

Sumber: VOA

Pos terkait