Era Anies, Jabatan Kosong Dari Tingkat Eselon II Sampai Lurah

  • Whatsapp
Era Anies, Jabatan Kosong Dari Tingkat Eselon II Sampai Lurah

Monitorindonesia.com – Kekosongan jabatan di lingkungan pemerintah DKI bukan hanya terjadi di tingkat pejabat eselon II, namun juga hingga tingkat camat dan lurah.

Hal itu diungkapkan Asisten Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko saat rapat bersama dengan Komisi A DPRD DKI Jakarta.

Menurut Sigit, kekosongan jabatan sudah berlangsung selama satu tahun belakangan. Posiis yang kosong, masih kata Sigit mencapai ratusan.

Hal ini dikatakan Sigit mengatakan, jabatan yang kosong tidak hanya untuk Kepala saja, namun juga meliputi perangkatnya. “Ada perangkat kecamatan, perangkat kelurahan, sampai perangkat kota,” ujar Sigit di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (24/5/2021).

Menurut Sigit, kekosongan jabatan terjadi lantaran beberapa penyebab. Mulai dari pensiun, meninggal dunia, hingga mengundurkan diri.

Meski demikian, Sigit melanjutkan, pengisian kembali jabatan yang kosong telah dilakukan oleh Badan Pertimbangan Jabatan Dan Kepangkatan (Baperjab) sejak era Sekretaris Daerah Saefullah. Hanya saja hal itu terbentur sejumlah proses yang berdampak pengisian jabatan berjalan lamban. Salah satunya harus dilakukan pemeriksaan ulang kandidat. Di tambah adanya pergantian walikota yang merupakan atasan perangat lurah dan camat.

“Kita ingin para Wali Kota, Bupati, bisa bekerja optimal apalagi waktu itu komposisi pimpinan kotanya lengkap, kembali hasil Baperjab tersebut apakah masih relevan dengan program mereka atau masih perlu dites,” pungkasnya. (Zat)

Pos terkait