Facebook Hapus Akun Hacker Cina yang Menargetkan Uighur

  • Whatsapp
Facebook Hapus Akun Hacker Cina yang Menargetkan Uighur
Ilustrasi dukungan ke Muslim Uighur Cina. FotoAnadolu Agency

Monitorindonesia.com – Facebook telah menghapus beberapa akun penyadap yang berasal dari Cina. Terungkap bahwa mereka menargetkan anggota komunitas Uighur yang berdomisili di luar negeri.

Facebook mengungkapkan bahwa para penyadap tersebut menggunakan website dan aplikasi berbahaya untuk merusak perangkat dengan pengawasan jarak jauh terhadap target termasuk para jurnalis dan aktivis.
Kebanyakan serangan cyber tidak langsung terjadi di akun Facebook melainkan sebagai media penyebaran link untuk situs penyadap.

Ini bukan tuduhan pertama untuk para hacker tersebut. Warga Uighur yang ditargetkan berasal dari daerah utara Xinjiang Barat, Cina sekarang tinggal di beberapa negara termasuk Turkey, AS, Australia dan Kanada.

“Kasus seperti ini merupakan operasi paling sering digunakan dan sumber yang paling baik untuk mengaburkan si pelaku,” ujar kepala bagian investigasi Facebook Cyber, Mike Dvilyanski dan Kepala bagian kebijakan keamanan Facebook, Nathaniel Gleicher menjelaskan di blogspot pada Rabu (24/3/2021).

Facebook telah menghapus akun-akun tersebut dengan total kurang dari 100 akun, kelompok yang dikenal sebagai Earth Empusa atau Evil Eye.[Yohana RJ]

 

Sumber: BBC News San Fransico

Pos terkait