Fastly Inc. Mengaku Adanya Gangguan Software atas Pemadaman Internet Global

  • Whatsapp
Fastly Inc. Mengaku Adanya Gangguan Software atas Pemadaman Internet Global

Monitorindonesia.com – Fastly Inc., perusahaan dibelakang terjadinya pemadaman internet global minggu ini, mengatakan Rabu (09/06/2021) bahwa kecelakaan yang disebabkan oleh gangguan dalam software-nya sendiri yang dipicu oleh salah satu pelanggan mereka melakukan perubahan pengaturan software.

Pemadaman internet yang terjadi Selasa (08/06/2021) menimbulkan pertanyaan akan kelayakan internet dalam beberapa infrastruktur perusahaan. Isu perusahaan Fastly disini menjatuhkan situs yang banyak diakses temasuk layanan penyedia berita seperti The Guardian dan New York Times berikut dengan situs pemerintahan Inggris, Reddit dan Amazon.com.

“Pemadaman ini terjadi secara meluas dan parah, dan kami benar-benar minta maaf atas dampak yang terjadi pada pelanggan kami dan semua pihak yang menggunakan layanan mereka,” perusahaan tersebut menuliskan di laman blog mereka yang ditulis oleh Nick Rockwell, selaku senior engineer dan eksekutif infrastruktur. Dia mengatakan bahwa masalah ini harusnya bisa diantisipasi.

Perusahaan Fastly mengoperasikan group server secara strategis berada di seluruh dunia untuk membantu para pelanggannya berpindah dan menyimpan konten mereka dekat dengan para pengguna jasa atau barang mereka dengan cepat dan aman.

Unggahan perusahaan tersebut memberikan kronologis dari kejadian tersebut dan berjanji untuk menguji kembali dan menjelaskan mengapa perusahaan Fastly telah gagal mendeteksi gangguan software selama proses pengujian yang mereka lakukan sendiri.
Fastly mengatakan bahwa gangguan tersebut terjadi pada pembaharuan software yang ditujukan kepada pelanggan mereka pada 12 Mei 2021 tetapi tidak bekerja sampai satu pelanggan yang tidak teridentifikasi melakukan perubahan pengaturan yang memicu masalah ii yang menyebabkan 85% jaringan kami kembali eror.

Fastly mengetahui pemadaman jaringan selama satu meni yang terjadi pada 0947 GMT dan para teknisi berusaha menyelesaikan pada 1027 GMT. Pada saat mereka menonaktifkan pengaturan yang menyebabkan masalah ini, kebanyakan jaringan perusahaan dengan cepat berjalan kembali.

“Selama 49 menit, 95% dari jaringan yang bekerjasama dengan kami sudah beroperasi normal,” perusahaan tersebut mengungkapkan.

Jaringannya pulih total pada 1235GMT dan mulai melangsungkan perbaikan permanen pada 1725 GMT, Fastly menambahkan.[Yohana RJ]

 

Sumber : Reuters

Pos terkait