Gedung Capitol Diserang, 2 Tewas

  • Whatsapp
Gedung Capitol Diserang, 2 Tewas
Pasukan garda nasional AS dan Polisi Gedung Capitol mengamankan komplek Gedung Kongres AS pasca serangan dengan menabrakkan kendaraan hari Jumat (2/4/201). [Foto/AFP]

Washington DC, Monitorindonesia.com – Seorang pria menyerang gedung Capitol, Amerika Serikat pada Jumat (2/4/2021) waktu setempat. Dia tewas akibat kejadian tersebut.

Diantaranya yang tewas seorang polisi dan seorang polisi lainnya luka-luka. Pelaku sendiri tewas ditembak aparat saat keluar dari kendaraan sambil memegang sebilah pisau.

Penjabat Kepala Kepolisian Capitol Yogananda Pittman mengatakan dalam konferensi pers bahwa tersangka menabrak para petugas. Tersangka lantas menabrak barikade dan keluar dari mobil lalu menyerang para polisi dengan pisau di tangannya.

“Dengan sangat, sangat berat hati, saya mengumumkan salah satu petugas kami telah meninggal karena luka-lukanya,” kata Pittman.

Polisi Capitol kemudian mengidentifikasi petugas yang terbunuh itu sebagai William “Billy” Evans, seorang petugas polisi senior yang telah bertugas selama 18 tahun.

Penjabat Kepala Departemen Kepolisian Metropolitan Washington Robert Contee mengatakan motif pelaku tampaknya tidak terkait dengan terorisme. “Tampaknya tidak ada kaitannya dengan terorisme, tetapi jelas kami akan terus menyelidikinya,” kata Contee.

Presiden Amerikat Serikat Joe Biden berduka atas meninggalnya seorang polisi dan melukai seorang polisi lainnya. Korban luka kini dirawat di rumah sakit.

“Saya bersedih mengetahui serangan brutal pada pos pemeriksaan keamanan di area Capitol AS, yang menewaskan polisi Capitol William Evans dan membuat petugas lainnya berjuang untuk hidup,” kata Biden dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari AFP.[Yohana RJ]

 

Pos terkait