Tiga WNI Memilih Tetap Berada di Gaza, Ini Alasannya

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 13 November 2023 01:22 WIB
Tiga WNI memilih tetap berada di Gaza, Palestina (Foto: Ist)
Tiga WNI memilih tetap berada di Gaza, Palestina (Foto: Ist)
Jakarta, MI - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa ada tiga warga negara Indonesia (WNI) memilih tetap berada di Gaza, Palestina. Ketiga WNI itu adalah relawan di Rumah Sakit Indonesia. Yakni Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan dan Farid Zanzabil Al Ayubi.

"Sampai saat ini, beliau bertiga memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza," katanya melalui video pernyataan dalam pesawat kepresidenan saat mendampingi Presiden Joko Widodo bertolak ke Washington DC, AS, Minggu (12/11).

Ketiganya memutuskan untuk tetap melanjutkan kerja kemanusiaan mereka. Meskipun tujuh WNI lainnya telah berhasil dievakuasi dari Gaza.

Retno memastikan Kemenlu terus melakukan komunikasi dengan ketiga WNI itu. Juga perwakilan MER-C di Jakarta untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan baik. Menlu Retno juga mengumumkan keberhasilan mengevaluasi empat WNI dari Gaza.

Mereka adalah keluarga Abdillah Onim. Ketiga anaknya WNI, serta istrinya yang berkewarganegaraan Palestina. Mereka berhasil dikeluarkan dari Gaza melalui pintu Rafah, berbatasan darat dengan Mesir. Sementara ketiga WNI lainnya yaitu Muhammad Husein, kedua anaknya, serta istrinya yang adalah warga Palestina. Mereka juga dievakuasi melalui jalur serupa.

Setelah berhasil keluar dari Gaza pada Minggu waktu setempat. Husein dan keluarganya dibawa ke Kairo untuk selanjutnya dipulangkan ke Indonesia. Sejauh ini, konflik antara Israel dan Hamas di Palestina kian memanas. Belum ada titik temu menyudahi peperangan itu.