Pangeran Saudi Meninggal Akibat Kecelakaan Jet Tempur

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 8 Desember 2023 15:13 WIB
Pangeran Arab Saudi Talal bin Abdulaziz bin Bandar bin Abdulaziz Al Saud (Foto: Akun X Dr.Sam Youssef)
Pangeran Arab Saudi Talal bin Abdulaziz bin Bandar bin Abdulaziz Al Saud (Foto: Akun X Dr.Sam Youssef)

Jakarta, MI - Dilaporkan bahwa Pangeran Arab Saudi Talal bin Abdulaziz bin Bandar bin Abdulaziz Al Saud meninggal dunia pada usia 62 tahun.  Kerajaan Saudi mengumumkan kabar duka ini pada Kamis (7/12).

Meskipun kerajaan Arab Saudi tidak memberi tahu penyebab kematian Pangeran Talal, surat kabar Al Mashhad mengatakan bahwa Talal tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat.

Surat kabar Al Mashhad di Lebanon melaporkan bahwa pangeran tersebut meninggal ketika jet tempur F-15 miliknya mengalami kecelakaan selama latihan dengan angkatan udara pada Kamis pagi.

Stasiun Al-Jazeera juga mengkonfirmasi berita terkait kematian pangeran Talal akibat kecelakaan pesawat tempur.

“Pesawat F-15SA jatuh dalam misi pelatihan rutin di Pangkalan Udara King Abdulaziz di Dhahran, menewaskan awak penumpangnya, “ tulis akun media X Al-Jazeera mengutip laman Menteri Pertahanan Saudi.

Kerajaan Saudi mengumumkan wafatnya sang pangeran melalui pernyataan singkat, menyatakan bahwa doa pemakaman untuk almarhum akan dilaksanakan di Masjid Imam Turki bin Abdullah di Riyadh.

Pangeran Talal bin Abdulaziz adalah putra dari Pangeran Bandar dan cucu dari raja Saudi pertama, Raja Abdulaziz. Lahir pada 1961, beliau berpangkat Letnan Kolonel di Angkatan Udara Saudi dan pernah menjabat sebagai wakil kepala intelijen di GIP, agensi intelijen Saudi, dari tahun 2004 hingga 2012. (Ran)