Anggota Parlemen Turki Terjatuh dan Meninggal usai Bela Palestina

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 15 Desember 2023 20:22 WIB
Anggota Parlemen Turki Hasan Bitmez Terkena Serangan Jantung Usai Pidato Bela Palestina (Foto: Reuters)
Anggota Parlemen Turki Hasan Bitmez Terkena Serangan Jantung Usai Pidato Bela Palestina (Foto: Reuters)

Jakarta, MI - Ketika tengah berpidato untuk membela Palestina, seorang anggota parlemen oposisi Turki terjatuh dan pingsan akibat serangan jantung.

Tepat dua hari setelah mengalami serangan jantung dan pingsan di depan parlemen saat mengkritik kebijakan pemerintah Ankara terhadap Israel, Hasan Bitmez meninggal dunia pada Kamis (14/12).

Dalam keterangan resmi Parlemen Turki, disebutkan Bitmez terjatuh ke lantai setelah berdiri di podium sebelum sidang umum.

Pada pidatonya, dia mengkritik Partai AKP yang dipimpin Presiden Tayyip Erdogan, karena perdagangan antara Turki dengan Israel yang terus berlanjut meski ada perang di Gaza.

Dia juga mengkritik hubungan perdagangan Ankara dan Tel Aviv yang masih berjalan, meskipun ada retorika tajam dari pemerintah Turki terhadap pengeboman militer Israel di Gaza.

Anggota parlemen dari partai oposisi Felicity (Saadet) itu meninggal di Rumah Sakit Kota Ankara.

Dilansir Reuters, politisi lulusan Universitas Al Azhar Kairo itu adalah Ketua Pusat Penelitian Persatuan Islam Turki.

Turki dan pemerintah Erdogan merupakan salah satu dari beberapa pemimpin dunia yang bersuara lantang atas agresi Israel di Gaza.

Awal Desember ini, Erdogan mengatakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan diadili karena kejahatan perang di Gaza. (Ran)